Sport Tourism Bintan Triathlon 2024, segera digelar di Pulau Bintan 1-2 Juni

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Bintan Triathlon 2024 siap mengguncang Lagoi Bay di kawasan wisata  Bintan Resorts, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, pada Sabtu hingga Minggu, 1-2 Juni  2024. Acara yang diselenggarakan oleh Bintan Resorts, bekerja sama dengan Orange Room Pte Ltd, akan menjadi pesta olahraga yang spektakuler. 

Kegiatan sport tourism yang telah dilaksanakan 20 tahun di Pulau Bintan ini menarik  peserta dari 35 negara, termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Australia, dan China. 

Sebanyak 400 atlet akan bersaing dalam beragam kategori perlombaan triathlon, menampilkan  kecepatan dan ketahanan di tengah keindahan alam kawasan wisata pantai Bintan Resorts. 

Rangkaian kegiatan dimulai pada Jumat, 31 Mei 2024, dengan pengambilan race pack  oleh peserta. Kompetisi resmi akan berlangsung pada Sabtu, 1 Juni pagi di Pantai Lagoi Bay. 

Para triatlet Indonesia seperti Andy Wibowo, Inge Prasetyo, dan Chaidir Akbar akan turut serta  dalam kompetisi kecepatan dan ketangguhan fisik ini, memberikan inspirasi dan semangat  kepada peserta lainnya. 

Jadwal lomba dimulai dengan pelepasan peserta kategori Enduro di garis start renang  sejauh 1.500 meter, diikuti dengan sepeda 80 km dan lari 20 km, baik perseorangan maupun  relay, menjadikannya kategori paling bergengsi bagi peserta berpengalaman. Kategori berikutnya  adalah Olympic dan Sprint, yang menawarkan tantangan renang, sepeda, dan lari dengan jarak  berbeda, memungkinkan partisipasi sesuai kemampuan dan target waktu masing-masing. Pada  Minggu, 2 Juni, acara akan semakin meriah dengan adanya kategori remaja (Youth) dan anak- anak (Kids Splash & Dash), bertujuan untuk menanamkan budaya berpartisipasi dalam olahraga  dan menjalani gaya hidup sehat di kalangan anak-anak dan remaja. 

Pendiri Trifactor, Elvin Ting menyampaikan antusiasmenya dengan mengatakan, pihaknyta sangat gembira dapat menyambut para penggemar Trifactor Indonesia di Pulau Bintan yang menawan ini.

“Luar biasa melihat begitu banyak anak muda berpartisipasi dalam edisi kali ini,  menunjukkan masa depan yang cerah bagi perkembangan olahraga Triathlon.” kata Elvin dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Arief Sumarsono, Kepala  Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bintan.  mengatakan ajang Bintan Triathlon 2024 bukan hanya sebuah perlombaan, tetapi juga sebuah  perayaan kolaborasi dan dukungan dari berbagai sektor yang bertekad untuk mengembangkan  pariwisata dan olahraga di Kabupaten Bintan.

“Serta mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif  melalui partisipasi UMKM lokal, terutama di Kabupaten Bintan,” ungkap Arief.

“Dukungan luar biasa dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata & Ekonomi  Kreatif, Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, dan Dinas Budaya & Pariwisata Kabupaten Bintan, serta  partisipasi aktif pemangku kepentingan seperti Bintan Resort Council dan sponsor seperti  Herbalife Indonesia serta Zoot, tidak hanya memperkuat pelaksanaan sport tourism ini, tetapi  juga meneguhkan komitmen bersama untuk mengembangkan pariwisata di Pulau Bintan, serta  meningkatkan perekonomian masyarakat dengan melibatkan banyak UMKM,” ungkap Abdul  Wahab, Chief Operating Officer Bintan Resorts.

Melibatkan UMKM setempat dalam setiap  kegiatan wisata, Bintan Triathlon kali ini menggandeng UMKM Bina Karya dari Desa Ekang  Anculai, grup penjahit sebagai penyedia tas race pack bagi peserta, bekerja sama dengan UMKM  Pioneer Sablon dari Desa Sebong Pereh di Kabupaten Bintan

Selain perlombaan olahraga, Bintan Triathlon 2024 juga akan dimeriahkan dengan  berbagai festival di Plaza Lagoi.

Pengunjung dapat menikmati pertunjukan tari, musik kolintang,  serta bazaar UMKM dalam suasana karnival yang semarak.

Ini adalah kesempatan bagi  wisatawan untuk merasakan keberagaman budaya dan kuliner lokal, sambil rekreasi dalam  suasana festival olahraga di Pulau Bintan.

Selain itu, pendaftaran untuk Bintan Marathon yang  akan diadakan pada 26 Oktober 2024 akan dibuka secara resmi, bersamaan dengan  pengumuman Tour de Bintan tahun 2025.

CEO dari perusahaan media olahraga terkemuka, Wang Ye alias Kaka, menyoroti Bintan  Resorts sebagai lokasi sport tourism yang ideal sepanjang tahun bagi atlet Cina.

Bintan Marathon  dan Tour de Bintan akan menarik peserta global, termasuk dari Cina, berkat keindahan alam  Pulau Bintan dan fasilitas unggul di kawasan wisata Bintan Resorts, yang memperkuat daya  tariknya sebagai destinasi sport tourism terkemuka di Pulau Bintan.


Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Sport Tourism Bintan Triathlon 2024, segera digelar di Pulau Bintan 1-2 Juni, https://jabar.tribunnews.com/2024/05/30/sport-tourism-bintan-triathlon-2024-segera-digelar-di-pulau-bintan-1-2-juni.

 39 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »
 

depo 25 bonus 25

scatter hitam

rujak bonanza

slot qris

spaceman