10 Bulan, 182.514 Kunjungan Wisman ke Bintan, AW Sebut Keringanan Tarif VoA Bisa Dongkrak Kunjungan

batampos– Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bintan sepanjang Januari hingga Oktober tahun 2023 tercatat sudah ada 182.514 kunjungan.

“Jumlah kunjungan wisman ke Bintan dalam 10 bulan terakhir sudah ada 182.514 kunjungan,” kata Kadisbudpar Bintan, Arief Sumarsono saat dihubungi, Minggu (10/12/2023).

Dia menyebut, jumlah kunjungan wisman ke Bintan hingga Oktober tahun 2023 meningkat jika dibandingkan sepanjang tahun 2021 tercatat 283 kunjungan dan sepanjang tahun 2022 tercatat 137.529 kunjungan.

Tren kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) pun, kata dia, menunjukkan tren yang positif.

Dia menyebut, sampai dengan Oktober tahun 2023, kunjungan wisnus ke Bintan tercatat sudah ada 191.953 kunjungan, sedangkan kunjungan wisnus ke Bintan tahun 2022 tercatat 220.387 kunjungan dan tahun 2021 tercatat 88.248 kunjungan.

Ketua DPRD Bintan, Agus Wibowo mengakui, jumlah kunjungan wisman ke Bintan mengalami peningkatan apabila dibandingkan tahun lalu. Tapi jumlah kunjungan wisman ke Bintan belum signifikan seperti tahun sebelum pandemi.

Dia mengatakan, salah satu yang mempengaruhinya terkait kebijakan tarif Visa On Arrival (VoA) sebesar Rp 500 ribu per orang untuk masa kunjungan satu bulan.

Dia meminta kebijakan ini dikaji kembali karena rata-rata wisman yang datang ke Bintan menghabiskan waktu liburan tiga hari dua malam atau dua hari satu malam.

“Terkadang mereka day trip hanya untuk menikmati keindahan alam Lagoi, main golf dan sepeda. Kalau tarifnya Rp 500 ribu, tentu berat,” kata pria yang akrab disapa AW dalam kunjungan kerjanya ke kawasan wisata Lagoi, belum lama ini.

Menurut dia, kebijakan VoA yang tarifnya lebih rendah untuk kunjungan singkat misal satu atau dua minggu, lebih cocok diterapkan di Bintan.

Terkait usulan VoA dengan tarif lebih rendah untuk kunjungan singkat, kata dia, telah diusulkan pemerintah daerah kepada pemerintah provinsi.

“Kita dari dewan akan mendorong juga ke pusat karena perkembangannya sudah di Kementerian Keuangan,” kata dia.

Dia sangat mengharapkan, keringanan tarif VoA untuk kunjungan wisman dalam waktu singkat bisa disetujui.

Dengan begitu, kata dia, bisa mendongkrak kunjungan wisman dan mengembalikan masa kejayaan pariwisata Bintan sebelum pandemi covid dengan kunjungan wisatawan lebih dari 1 juta dalam setahun.

General Manager Finance dan Admin, PT. BRC, Hebron Habeahan mengakui, usulan keringanan tarif VoA dengan telah diusulkan ke pemerintah pusat.

“Bolanya sudah di Kementerian Keuangan, karena request kita di Keimigrasian sudah disetujui,” kata dia.

Dia berharap, kebijakan VoA dengan tarif lebih rendah dapat diberikan sehingga makin banyak wisman yang datang ke Bintan.

“Makin banyak wisman yang datang, ekonomi tentu akan hidup lagi,” kata dia.

Source : https://kepri.batampos.co.id/10-bulan-182-514-kunjungan-wisman-ke-bintan-aw-sebut-keringanan-tarif-voa-bisa-dongkrak-kunjungan/

 360 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »

depo 25 bonus 25

scatter hitam

rujak bonanza

slot qris

spaceman