Tujuh Destinasi Wisata yang Mengesankan di Kabupaten Bintan, Cocok Jadi Tujuan Liburan

Bintan, Batamnews – Kabupaten Bintan, sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menyimpan sederet destinasi wisata alam yang tidak hanya mempesona, tetapi juga mampu menghadirkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Wilayah ini menawarkan pemandangan pantai yang indah dan alami, serta pesona alam yang menakjubkan, membuatnya menjadi tempat yang wajib dikunjungi

Terletak di dekat Singapura dan Malaysia, Bintan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Ingin tahu lebih lanjut? Berikut adalah tujuh destinasi wisata alam menarik di Bintan yang akan membuat Anda terkesima dan betah berlama-lama saat berlibur:

1. Pantai Trikora

Pantai Trikora, merupakan salah satu pantai terkenal di Bintan yang telah menjadi ikon utama wisata pantai bagi pengunjung lokal maupun internasional. Terletak sekitar 45 kilometer atau satu jam perjalanan dari ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjung Pinang. Pantai ini menawarkan pasir putih halus yang membentang panjang di sisi Timur Pulau Bintan. Selain berenang dan berjemur, Anda dapat menikmati berbagai kegiatan seperti menyelam, memancing, dan olahraga pantai lainnya.

2. Pulau Nikoi

Pulau Nikoi adalah surga seluas 15 hektar yang terletak di lepas pantai Timur Bintan. Pulau ini menawarkan pemandangan indah dengan pasir putih dan terumbu karang yang masih alami. Di sini, Anda dapat menemukan resor berbintang yang menawarkan pelayanan kelas atas yang dikelola oleh perusahaan swasta profesional. Pulau Nikoi umumnya dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, namun juga menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik.

3. Pulau Mapur

Perairan sekitar Pulau Mapur di Kabupaten Bintan menawarkan pemandangan bawah laut yang memukau dan telah lama menarik perhatian para penyuka diving. Pulau ini memiliki luas 4.400 meter persegi dan sekitar 267 KK penduduknya. Sejak tahun 2006, pemerintah telah mengembangkan perairan Pulau Mapur sebagai kawasan “COREMAP” yang berfokus pada penelitian terumbu karang.

4. Air Mancur Taman Kota Kijang

Air Mancur Taman Kota Kijang merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kabupaten Bintan untuk menjadikan Kota Kijang lebih indah. Destinasi wisata ini diresmikan oleh Gubernur Kepri pada tahun 2019. Air mancur ini dirancang dengan tarian air yang indah dan dilengkapi dengan layar laser. Air mancur ini beroperasi dua kali seminggu, yaitu pada malam Minggu dan malam Senin.

5. Desa Wisata Ekang Anculai

Desa Wisata Ekang Anculai merupakan salah satu pilihan tempat rekreasi alternatif untuk keluarga di Bintan. Tempat ini terletak di arah Lagoi di Jl. Lintas Barat. Fasilitas yang disediakan termasuk kolam ikan dengan pondok atau gazebo untuk bersantai dan memancing, serta kolam renang untuk anak-anak yang dapat dinikmati secara gratis.

6. Lagoi Bay Bintan

Lagoi Bay adalah sebuah lokasi hiburan yang menawarkan beragam fasilitas menarik seperti Plaza Lagoi, Pantai Lagoi, Lake Lagoi, dan atraksi lainnya seperti Lagoi Bay Lantern Park dan Rumah Imaji.

Lagoi Bay sering disebut sebagai ‘jantung Pulau Bintan’. Kawasan ini menyajikan berbagai pilihan makanan yang terdapat di banyak restoran untuk memenuhi selera para pengunjung. Di sini, Anda dapat menikmati makanan lokal mulai dari rendang sapi hingga goreng pisang keju, serta makanan laut segar dan hidangan internasional lainnya.

7. Crystal Lagoon

Crystal Lagoon adalah laguna rekreasi yang modern yang menggunakan air laut murni dan dirancang untuk mengakomodasi berbagai kegiatan seperti kayak, berlayar, berenang, dan snorkeling. Laguna ini merupakan laguna buatan terbesar di seluruh Asia Tenggara dengan luas 6,3 hektare dan terletak di Bintan.

Itulah tujuh destinasi wisata alam menarik di Bintan yang bisa bikin kamu terkesan dan betah menikmati waktu liburan

By Ruzi Wiranata

 41 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »