Travel Bubble Batam Bintan – Singapura, Pengusaha Pariwisata Tunggu Aturan Main

TEMPO.CO, Batam – Pemerintah Indonesia dan Singapura bersepakat menerapkan travel bubble di Batam dan Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, mulai Senin, 24 Januari 2022. Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong bertemu untuk membicarakan berbagai kerja sama dua negara pada Selasa, 25 Januari 2022.

Pengusaha pariwisata menyambut baik kebijakan perjalanan lintas negara terbatas antara Indonesia dengan Singapura. Keputusan tersebut diharapkan mampu menyelamatkan nasib pekerja pariwisata di Bintan dan Batam.

General Manager PT Bintan Resort Cakrawala, Abdul Wahab mengatakan, para pekerja di Bintan Resorts gembira dengan pembukaan travel bubble ini. “Akhirnya ada harapan untuk pekerja wisata di Bintan yang sebagian besar telah lama dirumahkan,” kata Abdul Wahab pada Rabu, 26 Januari 2022.

Para pekerja yang dirumahkan, menurut dia, terpaksa banting setir mencari nafkah dengan berabagai cara untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebijakan travel bubble ini, menurut dia, juga akan berdampak kepada pelaku usaha kreatif, seperti usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM, dan distributor cenderamata khas Bintan.

Abdul Wahab berharap pemerintah Indonesia dan Singapura dapat saling mendukung dan bekerja sama, terutama dalam menegakkan protokol kesehatan. “Kami ingin travel bubble ini berkesinambungan,” ujarnya.

Saat ini, Bintan Resorts termasuk salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan Singapura. Pengelola resor tersebut sudah menyiapkan segala keperluan sampai mitigasi untuk kedatangan mereka. Namun demikian, Abdul Wahab mengatakan belum ada promosi karena masih menunggu aturan main dari pemerintah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar mengatakan, travel bubble memang sudah dibuka. Meski begitu, peraturan teknis di lapangan masih dalam pembahasan. “Satu minggu kami masih menunggu aturan dari pemerintah pusat. Tetapi kalau sudah ada wisatawan yang datang, tentu kami terima,” kata Buralimar.

Sejak skema travel bubble berlaku pada Senin, 24 Januari 2022, menurut dia, belum ada satupun wisatawan dari Singapura yang masuk ke Batam maupun Bintan.

Sumber : https://travel.tempo.co/read/1554413/travel-bubble-batam-bintan-singapura-pengusaha-pariwisata-tunggu-aturan-main/full&view=ok

 120 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »