Vessel Declaration Bea Cukai untuk Gelaran Bintan Regatta 2024

VIVA – Indonesia menjadi tuan rumah kontes perahu layar (sailing) internasional bertajuk Bintan Regatta 2024 yang digelar di Lagoi, Bintan pada tangal 29-31 Maret 2024.

Penyelenggaraan event tersebut tak lepas dari pelayanan dan pengawasan Bea Cukai Tanjungpinang, sebagai garda terdepan pintu masuk kedatangan internasional. Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tanjungpinang, Faisal Rusydi, menyebutkan salah satu layanan yang diberikan Bea Cukai Tanjungpinang ialah vessel declaration terhadap kapal wisata (yacht) yang akan berkompetisi di perairan Lagoi, Bintan. Vessel declaration merupakan pemberitahuan pabean yang digunakan saat impor sementara dan sekaligus digunakan saat ekspor kembali atas kapal wisata asing dan/ atau suku cadang (spare parts).

“Kami memastikan seluruh barang yang masuk ke Indonesia melalui kapal wisata asing sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tercatat sepuluh kapal dengan kru berasal dari berbagai negara mulai dari Indonesia, Singapura, Filipina, Prancis, Jerman, Selandia Baru, Australia, Cina, Polandia, hingga Amerika Serikat ikut memperebutkan tiga podium teratas pada tiga kategori (Keelboat IRC, Keelboat PY, dan Multihull) dalam ajang ini,” rincinya.

Selain Bintan Regatta 2024, Faisal mengatakan di Pulau Bintan juga terlaksana Festival Bintan Jong Race yang menargetkan para wisatawan mancanegara untuk datang dan berkunjung. Tercatat, lebih dari 2.500 wisatawan asing tiba di Lagoi, Bintan di akhir bulan Maret 2024 lalu. “Rangkaian acara tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak event internasional yang diadakan di Bintan yang bertujuan bukan hanya untuk sekadar berkompetisi tetapi juga sebagai panggung untuk mempromosikan keindahan pariwisata Indonesia, khususnya Bintan, Kepulauan Riau di mata dunia. Untuk mendukung hal tersebut, Bea Cukai akan terus berupaya mengoptimalkan pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai,” tutup Faisal.

Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 3 April 2024 – 14:36 WIB
Judul Artikel : Vessel Declaration Bea Cukai untuk Gelaran Bintan Regatta 2024
Link Artikel : https://www.viva.co.id/siaran-pers/1702751-vessel-declaration-bea-cukai-untuk-gelaran-bintan-regatta-2024
Oleh : Dera Fitri

 47 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »