Mengunjungi Destinasi Wisata Religi di Pulau Bintan

batampos-Pulau Bintan didalamnya ada dua pemerintahan, yakni Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri. Selain itu juga ada Kabupaten Bintan. Kedua daerah ini menawarkan destinasi wisata yang memiliki karaktristik yang berbeda. Pulau Bintan bukan hanya terkenal dengan panorama alamnya saja, tepai juga memiliki sederet destinasi wisata religi.

Baik Tanjungpinang maupun Bintan sama-sama merupakan pintu masuk bagi wisatawan manca negara atau wisman. Kedua daerah diandalkan Provinsi Kepri untuk menjadi penyumbang wisman. Apalagi di tahun 2024 ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenaprekraf) telah menargetkan 3 juta kunjungan wisman ke Provinsi Kepri.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri, Guntur Sakti mengatakan, tak terbantahkan, bahwa Pulau Bintan memiliki sejumlah destinasi wisata religi yang sayang dilewatkan apabila berwisata kesini.

Berikut ini adalah tujuan wisata relegi yang terdapat di Pulau Bintan.

1. VIHARA 1.000 PATUNG
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dikenal dengan “Vihara Patung Seribu” atau Patung Lohan. Vihara Patung Seribu atau Patung Seribu terletak di Jalan Asia Afrika KM 14, Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva merupakan tempat ibadah umat Buddha dan objek wisata religi. Banyak wisatawan yang datang pada akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Memasuki komplek vihara, pengunjung akan melewati bangunan besar, seperti gerbang kota kuno yang membawa ke negeri yang jauh dan waktu berjalan lambat. Bangunan tersebut tersusun dari batu-batu yang rapi hingga membentuk bangunan besar. Pada bagian atasnya terdapat atap bertingkat khas Tiongkok dengan hiasan patung naga.

2. PAGODA TERTINGGI DI INDONESIA
Sejak tahun 2023 lalu, Tanjungpinang telah dinobat sebagai daerah pemilik bangunan Pagoda tertinggi di Indonesia. Bangunan tersebut diberi nama Pagoda Sata-Sahasra Buddha berada di kompleks Vihara Avalokitesvara KM 14 Tanjungpinang.

Pagoda Sata-Sahasra Buddha telah memecahkan rekor muri, karena memiliki ketinggian 46,80 meter. Selain itu, rekor muri yang kedua adalah pagoda dengan pemasangan keramik motif budha terbanyak, yakni dengan jumlah 20.708 keping. Tentu ini, satu keistimewaan bagi Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri,” jelas Hengky.

la mengatakan proses pembangunan Pagoda Sata-Sahasra Buddha memerlukan waktu sekitar tujuh tahun, dimulai pada Juni 2016 dan rampung pada Juni 2023 dengan anggaran sekitar Rp100 miliar. Pagoda tersebut terdiri dari sembilan lantai dengan ukuran panjang 52,00 meter, lebar 32,00 meter, dan tinggi 46,80 meter. Dinding bangunan menggunakan 20.708 keramik motif patung Buddha yang dipesan dan dicetak khusus.

3. BANYAN TREE TEMPLE
Wisata heritage yang wajib dikunjungi saat ke Pulau Bintan adalah, Banyan Tree Temple. Klenteng yang terletak di Senggarang Tanjungpinang Kepri ini, diperkirakan berusia ratusan tahun. Klenteng ini berselimut akar pohon yang melilit di setiap sisi bangunan.

Akar tersebut berasal dari pohon beringin besar, yang tumbuh di sekitar klenteng. Kondisi tersebut membuat klenteng ini terlihat unik, namun juga agak spooky. Dari cerita yang terpampang di plang, klenteng akar pohon ini sudah ada sejak 1811. Dulunya, yang merupakan kediaman Kapiten Tiongkok, Chiao Ch’en.

4. PATUNG BUDHA TIDUR

Patung Buddha Tidur di Vihara Dharma Shanti, Tanjung Uban, Bintan telah menjadi daya tarik spiritual dan wisatawan yang ingin menyaksikan keajaiban tersebut tanpa harus pergi jauh ke Thailand. Dengan replika yang megah dari Patung Buddha Tidur di Wat Pho, Bangkok, patung ini menarik perhatian dengan ukurannya yang mencapai 15 meter dan menghadap ke arah barat.

Vihara Dharma Shanti, juga dikenal sebagai Vihara Avalokitesvara, merupakan sebuah tempat ibadah Buddha yang terkenal di Bintan. Selain Patung Buddha Tidur, vihara ini juga menawarkan arsitektur yang indah dan suasana yang tenang, menciptakan tempat yang ideal untuk meditasi dan refleksi.

5. VIHARA JIN GANG SHAN
Vihara Jin Gang Shan atau lebih familir dikenal Vihara Galang Batang yang terletak di RT 010 RW 002 Desa Gunung Kijang ini memang masih dalam tahap pembangunan tapi sudah banyak wisatawan yang hilir mudik ke tempat ini. Tempat vihara ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto karena bangunan-bangunan di vihara ini sangat fotogenik.

Bangunan ibadah bagi umat budha tersebut berdiri megah. Sekilas jika diperhatikan designnya mirip dengan bangunan-bangunan yang berada di Thailand. Design inilah yang kemudian menjadi magnet bagi wisata untuk datang berkunjung ke Vihara Galang Batang ini. (*)

Reporter: yusnadi-peri

Source : https://kepri.batampos.co.id/mengunjungi-destinasi-wisata-religi-di-pulau-bintan/

 69 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »