Menuju Pulau Bintan Kepri dan Nikmati Keindahan Kawasan Wisata Bintan Resorts

TRIBUNJOGJA.COM, BATAM  – Kepulauan Riau, terdiri lebih dari 2.408 pulau, di setiap pulaunya memiliki daya tarik sendiri, mulai dari pantai penuh pesona, keindahan bawah laut yang menakjubkan hingga hutan tropis.

Saat melakukan penyeberangan dari satu pulau ke pulau lainnya, wisatawan tidak hanya dimanjakan dalam memandang dari kejauhan akan kecantikan laut yang melingkupi sekitarnya, tetapi juga secara langsung terlibat dalam sensasi perjalanan laut yang menakjubkan.

Angin laut yang segar membelai wajah, aroma asin yang menyentuh indera penciuman, dan gemuruh ombak yang mendampingi setiap perjalanan, semuanya menjadi elemen yang tak terpisahkan dari pengalaman yang mendekatkan wisawatan pada keindahan alam di Kepulauan Riau.

Setiap pulau yang terpisah oleh lautan di Kepulauan Riau ini menawarkan nuansa keindahan alam identik dengan ciri khas masing-masing, salah satunya adalah Pulau Bintan. Pulau yang dikenal dengan sebutan Negeri Segantang Lada ini, menjadi destinasi istimewa di Kepulauan Riau.

Sebagai pulau terbesar, Pulau Bintan memiliki nilai sejarah yang penting karena peran dan warisannya dalam sejarah maritim dan budaya di wilayah Asia Tenggara, khususnya dalam konteks kerajaan Riau – Lingga dan perdagangan rempah-rempah di jamannya.

Salah satu kawasan wisata kebanggaan bagian utara Pulau Bintan dan dikenal memiliki reputasi internasional adalah Bintan Resorts yang luas dan terintegrasi.

Destinasi wisata Bintan Resorts memiliki eksotisme panorama pantai yang bersih dan berpasir putih ini menawarkan berbagai fasilitas seperti hotel atau resor untuk menginap, area perbelanjaan, lapangan golf, restoran, dan objek wisata, yang berada dalam satu kawasan yang terorganisir dengan baik.

Beberapa resor terkemuka di antaranya Natra Bintan, The Anmon Resort, The Sanchaya, Banyan Tree, Nirwana Gardens, Club Med Bintan, Pantai Indah Lagoi Bintan, serta banyak lagi resor lainnya.

Wisatawan menaruh minat melancong ke kawasan ini untuk menikmati pengalaman liburan yang lengkap dengan keseimbangan antara keindahan alam, ketenangan serta kenyamanan fasilitas akomodasi dan rekreasi.

Karena itulah, kawasan wisata di Pulau Bintan ini menjadi salah satu ikon destinasi tujuan wisata yang wajib sekali masuk dalam daftar ketika wisatawan berada di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Pengunjung dapat memilih hotel atau resor yang sesuai, dengan berbagai selera dan anggaran. Apakah ingin mencari penginapan dengan gaya santai, modern, atau mewah, Bintan Resorts menawarkan opsi yang sesuai.
Harga akomodasi juga bervariasi, memudahkan para pengunjung untuk menyesuaikan dengan preferensi dan budget masing-masing. Informasi lengkap mengenai hal ini dapat diakses melalui situs https://www.bintan-resorts.com.

Pulau Bintan benar-benar bisa memanjakan wisatawan. 

Akses dari Batam Menuju Bintan Resort

PERJALANAN dari Pulau Batam ke Bintan Resorts sungguh sangat mudah dan nyaman. Ketika sudah berada di Pulau Batam melalui berbagai layanan penerbangan yang tersedia dari beberapa kota di Indonesia untuk menuju Bandara Internasional Hang Nadim (dengan kode bandara: BTH), akses untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Bintan dapat dengan mudah ditempuh.

Begitu wisatawan mendarat di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pulau Bintan melalui layanan feri dan speedboat yang berlokasi di pelabuhan laut domestik Telaga Punggur, berjarak sekitar 20 menit perjalanan darat dari Bandara Hang Nadim.

Terutama untuk mencapai Pulau Bintan dengan tujuan kawasan Bintan Resorts, armada penyeberangan laut umum yang dapat diakses di pelabuhan laut Telaga Punggur adalah menggunakan speedboat.

Speedboat ini beroperasi secara reguler sepanjang hari setiap 30 menit, dimulai dari jam 07.00 WIB hingga 18.00 WIB menuju pelabuhan laut Tanjung Uban di Pulau Bintan. Setelah tiba di Tanjung Uban, perjalanan dilanjutkan ke Bintan Resorts melalui jalur darat. Demikian juga dengan perjalanan kembali ke Pulau Batam, dapat diakses dari Pelabuhan Laut Tanjung Uban di Pulau Bintan dengan jam operasional yang sama.

Namun sejak tahun 2023, sudah ada layanan khusus dari pelabuhan laut Telaga Punggur untuk langsung menuju Bintan Resorts yang tersedia dengan satu kali keberangkatan speedboat yakni pada jam 08.00 WIB setiap harinya. Wisatawan bisa membeli tiket speedboat langsung di loket untuk tujuan Bintan Resorts saat berada di Pelabuhan Telaga Punggur, Pulau Batam.

“Perjalanan menuju keindahan Pulau Bintan semakin mudah dengan layanan feri dan speedboat yang tersedia di Pelabuhan Telaga Punggur, Pulau Batam. Dengan keberangkatan setiap jam 8 pagi menuju pelabuhan Bandar Bentan Telani, kami memastikan kenyamanan dan aksesibilitas bagi para pengunjung.” Ujar Abdul Wahab, Chief Operation Officer, PT Bintan Resort Cakrawala.

Hal ini merupakan kerjasama antara pengelola kawasan wisata dengan sebuah operator speedboat di Pelabuhan Laut Telaga Punggur untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung. Dengan ketersediaan akses ini, Anda dapat dengan mudah mencapai kawasan wisata Bintan Resorts dan dilayani secara istimewa.

Sementara, keberangkatan ke Pelabuhan Telaga Punggur dari kawasan Bintan Resorts dilayani setiap hari pada jam 17.00 WIB.

Selain menggunakan speedboat, perjalanan laut dari Pulau Batam ke Bintan Resorts juga dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan atau mobil, melalui layanan Roro (Roll-on/Roll-off). Terminal Roro merupakan bagian integral dari fasilitas yang tersedia di Pelabuhan Laut Telaga Punggur untuk mengangkut penumpang serta kendaraan motor roda dua dan empat.

Perlu diingat bahwa perjalanan dengan Roro akan mengantarkan Anda ke pelabuhan laut Tanjung Uban di Pulau Bintan dengan perjalanan kapal feri yang memakan waktu sekitar satu jam. Setelah tiba di pelabuhan laut Tanjung Uban, perjalanan darat menuju Bintan Resorts dapat dilanjutkan, dengan waktu tempuh selama 30 menit.

Dengan adanya layanan Roro ini, pengunjung memiliki alternatif lain yang nyaman untuk menyeberang dari Pulau Batam ke Bintan Resorts, terutama bagi yang membawa kendaraan atau ingin menikmati perjalanan dengan kenyamanan mobil pribadi.

Akses dari Kota Tanjung Pinang Menuju Bintan Resorts

AKSES langsung ke Pulau Bintan juga bisa menjadi alternatif bagi pengunjung yaitu Kota Tanjung Pinang. Terdapat penerbangan domestik langsung ke Kota Tanjung Pinang dari beberapa wilayah kota di Indonesia.

Pengunjung dapat memesan rute penerbangan domestik dengan tujuan Bandara Raja Haji Fisabilillah (kode bandara: TNJ) yang berlokasi di Kecamatan Bintan Timur, Kota Tanjung Pinang.
Selepas mendarat di Bandara Raja Haji Fisabilillah, perjalanan darat dari bandara menuju destinasi Bintan Resorts memakan waktu sekitar 1 jam. Masa perjalanan darat ini pun terasa sangat nyaman karena bebas dari masalah kemacetan.

Penerbangan dari Singapura Menuju Bintan Resorts

BAGI wisatawan yang mencari alternatif yang lebih nyaman lagi, pilihan penerbangan melalui Singapura dapat menjadi solusi menarik! Setelah mendarat di Bandara Internasional Changi di Singapura, wisatawandapat langsung menuju Terminal Feri Tanah Merah yang jaraknya sangat dekat dari Bandara Changi, hanya sekitar 8 hingga 10 menit perjalanan darat menggunakan transportasi umum seperti taksi.

Menuju Bintan Resorts, wisatawan tinggal memilih jurusan kapal feri ke destinasi Bintan Resorts saat hendak membeli tiket kapal feri di Pelabuhan Tanah Merah di Singapura ini. Perjalanan feri langsung membawa Anda ke kawasan Bintan Resorts.

Demikianlah beberapa opsi perjalanan yang dapat ditempuh para wisatawan yang ingin liburan ke Pulau Bintan, khususnya ke Bintan Resorts. Dengan berbagai opsi yang tersedia, Anda dapat merasakan sensasi pengalaman berkeliling wilayah Kepulauan Riau yang sungguh unik dan tentunya akan menambah cerita pengalaman eksplorasi Anda.

Pastikan untuk merencanakan perjalanan dengan baik, memeriksa jadwal transportasi, dan memesan tiket dengan cukup waktu agar perjalanan Anda menjadi lebih lancar.

Dengan begitu, dapat sepenuhnya menikmati pesona dan kenyamanan liburan di destinasi yang menarik ini. Semoga Anda segera dapat mewujudkan liburan ke Pulau Bintan, Negeri Segantang Lada. 

Target 500 Ribu Kunjungan Wisman

GUBERNUR Kepualauan Riau, Ansar Ahmad memiliki komitmen kuat dalam memajukan dunia pariwisata.
Berbagai pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata, tempat pariwisata dilakukan, ditopang dengan kemudahan yang diberikan kepada para wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti, menjelaksan Pemprov Kepri menaruh perhatian besar kepada kawasan wisata Bintan Resorts. Sebab, Bintan Resorts jadi bagian integral dalam mencapai target kunjungan wisawatan mancanegara (Wisman) ke Kepri.

Guntur menjelaskan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menargetkan Kepri harus mendatangkan 3 juta Wisman tahun 2024 ini.

“Dari Bintan Resorts kita optimistis bisa menyumbang 500 ribu kunjugan wisman di tahun ini,” kata Guntur Sakti.
Ada berbagai platform perjalanan online yang menawarkan harga hotel serta tiket pesawat.

Informasi telah sangat terfasilitasi dan dapat diakses dengan mudah secara digital, di mana pun Anda berada.
Jadi, tidak sulit untuk mencari alasan kenapa Anda harus mengunjungi Pulau Bintan untuk tujuan liburan. Selain adanya beragam magnet wisata yang menarik, lokasinya bisa dijangkau dengan berbagai alternatif. (*)

Sumber : TribunJogja

 281 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »