Jalan-jalan ke Bintan Resort Kini Hanya 45 Menit dari Batam, Perjalanan Aman, Nyaman dan Tentram

TRIBUNJOGJA.COM – Tribunners, tahukah Anda jika sekarang Anda bisa berwisata ke Bintan Resorts, Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau dari Batam hanya 45 menit?

Mengutip Tribunbatam.id, wisata unggulan di Bintan itu kini sudah dilengkapi transportasi laut rute baru, yakni speed boat.

Speed boat itu berangkat dari Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam langsung menuju ke Pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT), kawasan Bintan Resorts.

Beberapa pilihan paket wisata menarik juga ditawarkan oleh pengelola yang diharapkan sesuai dengan selera wisatawan.

Paket LARI misalnya.

Paket ini menawarkan berwisata ke Lagoi Bay dan Safari Lagoi, untuk melihat beragam satwa yang dilindungi seperti Komodo dan Harimau.

Paket ini cocok untuk liburan bareng keluarga maupun kerabat.

Satu lagi, adalah paket RELA, pelancong akan diajak berwisata ke danau buatan terbesar di Asia di kawasan Treasure Bay.

Paket ini pun lengkap karena para pelancong akan diajak ke kawasan Lagoi Bay yang penuh dengan pesona alam yang indah nan asri.

Ada juga yang namanya paket RETUR, para pelancong selain diajak berwisata ke kawasan Treasure Bay, juga bisa memanjakan diri berwisata ke Eco Tour.

Tidak itu saja, paket lainnya yakni paket GULA yang menggabungkan rekreasi untuk menikmati pantai berpasir putih dan angin sepoi-sepoi di Lagoi Bay, dilanjutkan dengan petualangan ke Gurun Pasir Bintan.

Lagoi Bay juga punya sarana bermain air mancur yang sangat digemari anak-anak dan tersedia secara cuma-cuma.

Bagi yang ingin perjalanan sendiri tanpa paket wisata, tiket speed boat dijual dengan harga terjangkau, yaitu Rp 120.000/orang (satu arah) atau Rp240.000/orang (pulang-pergi).

Adapun jadwal keberangkatan speed boat dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam pukul 08.00 WIB, dan kembali dari Pelabuhan Domestik Bandar Bentan Telani di Bintan Resorts ke Pulau Batam pada pukul 17.00 WIB.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan, Arief Sumarsono menyakini jika kunjungan wisatawan domestik ke kawasan Bintan Resorts akan meningkat pasca pandemi Covid-19.

“Kami optimis dibukanya transportasi laut langsung dari Batam ke kawasan Bintan Resorts ini, bisa jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” kata Afief.

Langkah ini akan memperpendek rentang kendali bagi wisatawan yang ingin ke Bintan Resorts di Lagoi.

“Alternatif ini tentunya berdampak positif bagi industri pariwisata di Kabupaten Bintan yang mulai bangkit,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Provinsi Kepulauan Riau tentu menyambut rute baru ini dengan gembira.

“Kami tetap support hal ini. Karena berkaitan dengan pariwisata di Bintan dan Kepri,” ungkap Arief

Pelaksana tugas (Plt) Kadispar KepriLuki Zaiman Prawira menilai, sudah saatnya pariwisata Batam juga bangkit dari keterpurukan.

Menurutnya, kondisi ekonomi dari sektor parawisata di Batam membuat sejumlah agen travel, pemilik destinasi wisata, hotel hingga asosiasi menjerit.

Bukan tanpa alasan, sejak covid-19 melanda, membuat industri parawisata di Batam terus merosot hingga terjadi penutupan hotel serta PHK dimana-mana.

“Kini saatnya dunia pariwisata kita di Kepri. Khusunya Kota Batam kembali hidup. Sehingga, kunjungan wisman terus mengalami kenaikan,” sebutnya.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Kepri Nomor 1263 tahun 2022 tentang, Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Daya Tarik Wisata Provinsi Kepri.

Gubernur Ansar Ahmad mengatakan, penetapan itu bertujuan memajukan kesejahteraan masyarakat, meratakan kesempatan berusaha dan optimalisasi potensi ekonomi dan karakteristik daerah.

“Serta untuk mengangkat dan melindungi nilai-nilai budaya, agama, adat istiadat, dan menjaga kelestarian alam,” katanya.

Selain itu sambungnya, penetapan itu juga dalam rangka pembangunan dan pengembangan pariwisata di Provinsi Kepri.

“Sehingga, diperlukan penentuan wilayah pariwisata dan daya tarik wisata agar pengembangan yang dilakukan dapat lebih terarah,” jelasnya.



Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Bunga Kartikasari

https://jogja.tribunnews.com/2023/10/29/jalan-jalan-ke-bintan-resort-kini-hanya-45-menit-dari-batam-perjalanan-aman-nyaman-dan-tentram?page=2

 982 total views,  8 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »