Lagoi dan Lobam Diwacanakan Jadi KEK Baru di Bintan

Kawasan pariwisata terpadu Lagoi dan industri Lobam diwacanakan akan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) baru di Kabupaten Bintan.

Jika itu terwujud, dipastikan Bintan memiliki dua KEK selain Galang Batang di Desa Gunung Kijang.

Sekretaris Kemenko Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso, mengatakan kedua industri yang digabungkan menjadi KEK itu, terdiri dari industri berat yang dikelola PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) di Lobam. Dan, satu lagi industri pariwisata dikelola PT Bintan Resort Cakrwala (BRC).

Tujuannya, untuk mendukung kemajuan kedua industri lebih maksimal. Sehingga, bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lain sudah lebih dulu bangkit paska pandemi COVID-19.

“Dewan Nasional KEK seluruh Indonesia kita ajak ke Bintan selama dua hari. Lalu kunjungi Lagoi dan Lobam. Mereka melihat langsung kondisi di sana. Lalu kita rapat kerja nasional bersama untuk mengevaluasi capaian di kuartal tiga. Hasilnya kita sepakati KEK baru di Bintan,” terangnya di Tanjungpinang, kemarin.

Susiwijono yang juga menjabat Plt Sekretaris Dewan Nasional KEK RI, menambahkan KEK Galang Batang yang sudah lebih dulu ada di Bintan merupakan bukti nyata keberhasilan hilirisasi di Indonesia.

Dengan capaian realisasi investasinya sudah sangat tinggi. Bahkan ada rencana perluasan lahan industri dari 2.300 menjadi 4.500 hektare.

Kemudian PT. BAI selaku pengelola KEK Galang Batang juga akan meningkatkan ekspor alumina dari sebelumnya 2 juta ton menjadi 4 juta ton.

“Dengan adanya KEK yang baru maka akan menjadi pertumbuhan sumber ekonomi yang baru,” imbuhnya.

 328 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »
 

depo 25 bonus 25

scatter hitam

rujak bonanza

slot qris

spaceman