Mengintip, Bintan International Circuit, Sirkuit Baru Indonesia di Sumatera untuk Balap Mobil F1

HARIANHALUAN.COM – Indonesia berencana untuk memiliki sirkuit baru yang dikhususkan untuk menyelenggarakan balap mobil F1.

Sirkuit baru tersebut adalah Bintan International Circuit yang berlokasi di Lagoi, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Bintan International Circuit diproyeksikan untuk menjadi sirkuit bertaraf internasional pertama yang berada di Pulau Sumatera.

Sebelumnya, Indonesia sudah memiliki sirkuit serupa yaitu Mandalika International Street Circuit yang berhasil menyelenggarakan balapan MotoGP dan World Superbike.

Pembangunan Bintan International Circuit merupakan hasil kerjasama Ikatan Motor Indonesia dengan pengembang asal Singapura yaitu Gallant Venture Ltd.

Proses penandatanganan kerjasama dan telah dilaksanakan pada 17 Maret 2022 lalu, seperti yang diunggah dalam video milik akun YouTube Diskominfo Provinsi Kepulauan Riau.

Penandatanganan tersebut melibatkan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, hingga pihak pengelola kawasan wilayah Bintan.

Wilayah Bintan diketahui memiliki potensi pariwisata yang sangat tinggi, sehingga sangat penting untuk dikembangkan demi meningkatkan nilai ekonomi.

Bintan Resort Cakrawala (BRC), selaku pengelola wilayah tersebut, mempersiapkan lahan seluas 75.100 hektar untuk pembangunan sirkuit tersebut.

Keunggulan dari sirkuit baru ini adalah memiliki desain yang terintegrasi dengan resor wisata serta dekat dengan lautan dan pulau.

Meski begitu, masih ada kekurangan seperti lokasi sirkuit yang dianggap belum strategis dan infrastrukturnya belum lengkap.

Kekurangan tersebut perlu untuk segera diatasi untuk bisa membuat Bintan International Circuit menjadi salah satu sirkuit terbaik di dunia.

Bintan International Circuit lebih diproyeksikan untuk menjadi sirkuit yang digunakan dalam balap mobil F1, dengan tetap mempertimbangkan aspek lingkungan dan kenyamanan di wilayah setempat.

Pembangunan sirkuit ini diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia semakin tertarik dengan F1, serta masyarakat dunia akan semakin mengenal negara Indonesia, wilayah Bintan, hingga keseluruhan Pulau Sumatera.

Menurut info yang diunggah di akun Instagram @sirkuitinternasionalbintan, sirkuit ini akan memiliki panjang lintasan lebih dari lima kilometer dengan 18 tikungan untuk ajang balap mobil F1 dan 17 tikungan untuk ajang balap motor seperti MotoGP.

Apabila pembangunan sirkuit tersebut telah selesai, ini akan membuat Indonesia berpotensi menjadi negara Asia Tenggara ketiga yang menyelenggarakan ajang F1.

Saat ini, Singapura menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang mengadakan F1 dan sebelumnya sudah ada Malaysia yang mengadakan ajang tersebut sejak 1999 hingga 2017.

Rencana awal adalah Bintan International Circuit bisa mengadakan ajang balap mobil F1 yang akan diselenggarakan pada 2024 mendatang.

Namun, rencana tersebut harus ditunda karena pembangunan yang masih terus berjalan dan kalender F1 musim 2024 yang sama sekali tidak mencantumkan Indonesia di dalamnya.

Semua tentu berharap bahwa proses pembangunan sirkuit ini berjalan lancar dan bisa mendapatkan penilaian baik supaya bisa digunakan untuk ajang balap mobil F1.***

Editor: Erizky Bagus Z

Sumber: YouTube Diskominfo Prov Kepri

 153 total views,  9 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »