Berusia Seabad, Rumah Tua Melayu Berakit Jadi Daya Tarik Wisman

BINTAN (HAKA) – Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, memiliki Rumah Tua Melayu yang usianya saat ini telah 100 tahun lebih, atau sekitar 1 abad. Demikian dikatakan oleh Sekda Bintan Ronny Kartika.

Menurutnya, Pemkab Bintan bersama masyarakat Desa Berakit, telah melakukan pemugaran rumah tua itu, sebagai bentuk pelestarian adat budaya Melayu pada tahun 2023 ini.

“Telah dilaksanakan pemeliharaan gedung berupa pengecatan bangunan rumah tua Melayu itu,” ucap Ronny dalam kegiatan kenduri Rumah Tua Melayu Desa Berakit, Kamis (29/6/2023).

Ia menilai, Rumah Tua Melayu itu dapat menjadi salah satu potensi daya tarik, untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan manca negara (wisman) maupun lokal, ke Kabupaten Bintan.

Untuk itu, Ronny mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk mendukung Rumah Tua itu dengan menyajikan berbagai konsep ciri khas adat Melayu Desa Berakit.

“Sehingga keberadaan Rumah Tua Melayu yang usianya seabad lebih itu, akan menjadi daya tarik sekaligus potensi bagi dunia pariwisata di Bintan,” yakinnya.

Ronny menerangkan, bahwa kegiatan kenduri Rumah Tua Melayu Desa Berakit telah tercatat sebagai warisan budaya tidak benda, berupa kekayaan intelektual yang diserahkan sertifikatnya oleh Menkum HAM kepada Pemkab Bintan.

Rumah Tua Melayu itu telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Rumah tua itu dibangun pada tahun 1908, saat ini berusia 115 tahun tersebut terletak di Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

“Dengan lebar 7 meter dan panjang 12 meter itu memiliki enam ruangan dengan 66 tiang pondasi yang kokoh hingga saat ini,” pungkas Ronny. (rul)

 71 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »