5 Kuliner Bintan yang Cocok Disantap Sambil Berwisata

Liputan6.com, Riau – Pulau Bintan yang terletak di Kepulauan Riau memiliki beragam tempat wisata eksotis yang dapat dikunjungi. Daerah ini dikenal memiliki deretan garis pantai yang cantik.

Tidak hanya beragam tempat wisata menarik, Pulau Bintan juga memiliki beragam kuliner lezat. Ragam kuliner khas Bintan tentu tidak mudah ditemukan di daerah lain, membuat sajian makanan tradisional ini terasa istimewa.

Wisatawan dapat berwisata sambil menikmati sajian kuliner lokal yang menggoyang lidah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut kuliner Bintan yang cocok disantap sambil berwisata.

1. Gonggong

Kuliner Bintan yang pertama adala gonggong. Gonggong kerap disebut escargot versi lokal.

Bahan dasar sajian khas ini adalah keong laut atau kerap disebut sebagai siput laut. Cita rasa gonggong sangat istimewa, daging nya yang lembut bercita rasa gurih.

Gonggong biasanya direbus dan disajikan dengan nanas, bawang putih, atau sambal. Biasanya dinikmati dengan mengeluarkan dagingnya dan dicelupkan ke dalam saus.

Kuliner Bintan ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai warung seafood tepi pantai di seluruh pulau.

2. Roti Prata

Serupa dengan berbagai kuliner khas Kepulauan Riau lainnya, makanan khas Pulau Bintan juga dipengaruhi budaya melayu hingga India. Salah satunya adalah roti prata.

Kuliner Bintan ini merupakan akulturasi budaya India dan disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal. Roti prata disajikan dengan kari sayuran atau daging dan juga biasa dimasak dengan keju, bawang, pisang, kacang merah, coklat, jamur atau telur.

Kuliner khas Bintan ini cocok menjadi menu sarapan para wisatawan.

3. Nasi Dagang

Nasi dagang merupakan menu nasi rames khas Riau. Olahan nasi ini serupa dengan nasi uduk di Pulau Jawa.

Namun yang membedakannya adalah keberadaan kari ikan yang gurih dan kental sebagai lauk. Rasa gurih dari nasi yang dimasak bersama santan, ditambah lauk kari ikan menambah kenikmatan seporsi menu sarapan khas Riau ini.

Biasanya ikan yang digunakan dalam nasi dagang ini adalah jenis bilis dan tamban yang terkenal memiliki daging yang lembut. Bukan hanya itu seporsi nasi dagang juga dilengkapi telur ayam dan aneka lauk pauk lainnya.

Seporsi nasi dagang dibanderol mulai dari Rp 15.000.

4. Kernas

Kuliner Bintan yang dapat dicicipi adalah kernas. Kernas adalah camilan lezat dari Kepulauan Natuna yang terbuat dari kombinasi sagu dan ikan (tuna atau makarel).

Uniknya, Kernas mirip dengan nugget yang garing di luar dan lembut di dalam. Cita rasa kernas didominasi oleh rasa gurih ikan segar yang dibungkus sagu gurih renyah ditambah dengan sentuhan cabai.

5. Lakse

Lakse kuah merupakan hidangan bersantan khas Riau yang juga sayang untuk dilewatkan. Kuah dari hidangan ini terbuat dari campuran ketumbar, adas manis, dan beragam rempah lainnya.

Meski menyerupai mi, bahan dasar mi dari sajian ini terbuat dari tepung sagu. Santapan ini semakin nikmat jika dinikmati bersama dengan hidangan pelengkap lain, seperti olahan ikan laut segar, ikan tongkol, atau ikan teri yang sudah ditumbuk halus.

https://www.liputan6.com/regional/read/5305051/5-kuliner-bintan-yang-cocok-disantap-sambil-berwisata

 235 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »
 

depo 25 bonus 25

scatter hitam

rujak bonanza

slot qris

spaceman