Atlet Pro Mulai Berlatih di Lagoi, Bintan Triathlon Kembali Digelar

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Puluhan atlet profesional binaan Arthur Tong, pelatih bersertifikasi Ironman sudah mulai berlatih dikawasan wisata Lagoi, untuk menghadapi event Bintan Triathlon by Trifactor yang rencananya digelar pada 21 Oktober 2023 mendatang.

Arthur Tong mengatakan, ada 40 atlet yang dilatihnya sudah berlatih di Lagoi sejak beberapa pekan terakhir. Lagoi dijadikan arena latihan karena lokasinya indah.

“Setelah seharian berlatih kemudian bisa berbaring di tepi pantai rasanya benar-benar berada di suatu tempat di luar Singapura. Singapura dan Bintan hanya berjarak 45 menit jadi ya sepertinya saya ingin pergi ke sana dan saya sangat senang bahwa ada banyak alasan sekarang bagi saya untuk kembali tahun ini (ke Lagoi, Bintan),” ungkap Arthur saat press conference di gedung Gallant Venture Lt 16 Singapura, Selasa (23/5) sore kemarin.

Ia mengatakan, latihan berenang di laut indah, kemudian track bersepeda dan berlari dengan udara segar sangat baik untuk para atlet berolahraga. Bintan (Lagoi-red) sangat cocok untuk olahraga segala komunitas, mulai dari anak-anak, keluarga hingga atlet profesional sekalipun.

“Saya akan mengajak komunitas saya untuk berpartisipasi pada Bintan Triathlon by Trifactor. Karena event ini dapat menyatukan orang untuk menikmati olahraga terkadang bukan hanya tentang memenangkan balapan namun ini tentang berbagi pengalaman yang sama,” kata pelatih bersertifikat Ironman Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) itu.

Senada dengannya, Choo Ling Er, atlet profesional yang menjadi ambassador Bintan Triathlon by Trifactor mengungkapkan, jika atlet perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk meraih prestasi pada olahraga-olahraga berat seperti Triathlon yang menggabungkan renang, berlari serta bersepeda.

Dukungan keluarga kata atlet perempuan itu, sangat penting. Ia menceritakan bagaimana saat mengikuti event di Lengkawi, beberapa waktu lalu. Pada sesi latihan setelah melahirkan seorang putri, Choo Ling Er tetap bersemangat karena selalu didukung keluarganya.

“Betapa keluarga saya bisa begitu membesarkan hati dan mendukung sampai mereka melihat saya balapan dan melihat bagaimana saya berlatih untuk balapan dan itu luar biasa,” ungkapnya.

Atlet perempuan yang banyak mengikuti kompetisi diberbagai penjuru dunia itu menyakinkan akan berpartisipasi pada event Bintan Triathlon by Trifactor untuk menjajal track indah di Lagoi, Bintan.

Ia juga akan menyakinkan kepada atlet lainnya untuk berpartisipasi pada event yang digelar 21 Oktober 2023 mendatang dikawasan wisata Lagoi. “Gaya hidup yang seharusnya tidak menghentikan kita (perempuan) untuk melakukan apa yang kita sukai,” kata dia.

Sementara itu, ditempat yang sama partner PT BRC yang menggelar event Bintan Triathlon by Trifactor, Elvin Ting menjelaskan, event ini merupakan gabungan dari olahraga renang dilaut, berlari serta bersepeda puluhan kilometer.

Ia yakin, event ini akan menjadi pemanasan bagi para atlet dunia setelah vacuum selama 2 tahun karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Berbagai kesiapan terus dilakukan bersama PT BRC Lagoi untuk mensukseskan event ini.

“Ini adalah acara kebangkitan, jadi kami ingin memastikan bahwa kami ingin semua orang datang ke Bintan untuk mengambil bagian dalam acara ini. Kita memiliki slot terbatas untuk tahun pertama ini,” terangnya.

Hal serupa juga dijelaskan GGM PT BRC Abdul Wahab. Dengan menggandeng partner Orange Room Pte Ltd, event Bintan Triathlon by Trifactor yang akan digelar 21 Oktober 2023 mendatang akan menjadi kebangkitan baru setelah pandemi Covid-19.

Meskipun menjadi event tahun pertama, Abdul Wahab optimis partisipan/peserta akan ramai karena arena balapan untuk para atlet dikawasan wisata Lagoi sudah sangat dikenal oleh dunia internasional.

Selain menggandeng Orange Room Pte Ltd, PT BRC juga menggandeng Pandara Sport sebagai penyelenggara Ironman Bali dan Ironman Lombok sebagai partner. “Dengan begitu, kita berharap partisipasi peserta tidak hanya dari mancanegara, peserta Indonesia juga ambil bagian pada event ini. Minimal 30 persen,” kata dia.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, PT BRC selaku pengelola kawasan wisata di Lagoi menyakinkan kepada dunia bahwa tempat wisata di Lagoi sangat siap. Ada ribuan kamar hotel yang siap menampung para peserta Bintan Triathlon by Trifactor.

“Ini sebagai awal mula kita mengingatkan kepada atlet dunia, bahwa Bintan Resort tetap mengadakan event-event sport tourism yang menjadi icon Lagoi,” timpalnya.

Selain berpartner dengan Orange Room Pte Ltd Singapura dan Pandara Sport, untuk memeriahkan event Bintan Triathlon by Trifactor 4 orang ambassador seperti Arthur Tong, Choo Ling Er, Elaine Young serta Andy Wibowo akan mempromosikan kepada dunia internasional untuk menggaet banyak peserta yang ditargetkan sekitar 1.500 s.d 2.000 peserta.

Sementara itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Arief Sumarsono menyampaikan kesiapan pemerintah daerah yang siap mendukung dan mensukseskan event Bintan Triathlon by Trifactor.

“Kita siap mendukung baik dari sisi keamanan dalam penyelenggaraannya. Karena event-event sport tourism terbukti banyak mendatangkan manfaat bagi daerah kita,” tutup Arief. (oxy)

 14 total views,  2 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »