Bintan dan PIK Disiapkan Menjadi Sirkuit F1, Targetnya pada 2024

jpnn.com, JAKARTA – IMI bersama para pemangku kepentingan terkait sedang menyiapkan kawasan Bintan, Kepulauan Riau dan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta bisa menjadi sirkuit Formula 1 (F1).

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo menargetkan pembangunan kedua sirkuit, utamanya untuk PIK, setidaknya bisa selesai pada akhir 2024.

Hal tersebut senada dengan keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah kompetisi balap bergengsi itu pada tahun yang sama.

“Kita memiliki mimpi untuk menghadirkan F1 di Indonesia. Penjajakan sudah kami lakukan untuk membuat speed city circuit di PIK, dan semoga harapannya bisa dibangun dalam (rentang) waktu 8 hingga 9 bulan. Paling tidak pada akhir atau pertengahan 2024 bisa diwujudkan mimpi ini,” ucap Bamsoet – sapaan akrabnya, di Jakarta.

Lebih lanjut, dia menegaskan Sirkuit Internasional Bintan atau Bintan International Green Circuit (BIC/BIGC) bisa bersanding dengan Sirkuit Internasional Mandalika sebagai trek yang layak dan bertaraf internasional.

Bamsoet menjelaskan pembangunan sirkuit di Bintan memanfaatkan lahan sekitar seluas 237 hektare dan mengusung konsep olahraga, gaya hidup, dan ramah lingkungan.

Selain ditujukan untuk mendukung ekonomi, penyedia lapangan kerja, serta pariwisata berbasis olahraga, Bamsoet berharap kehadiran sirkuit juga bisa menjadi wadah bagi peningkatan prestasi atlet dan munculnya bibit-bibit atlet balap baru Indonesia.

Hal itu dia menilai berjalan beriringan dengan kehadiran ragam kejuaraan lokal, antar-klub hingga kejuaraan nasional yang diadakan rutin di banyak daerah.

“Hampir setiap minggu selalu diikuti (kejuaraan lokal dan nasional), terutama di daerah. Banyak daerah juga berlomba untuk bikin sirkuit sehingga diharapkan ada atlet-atlet muda yang muncul dan tumbuh dari sana,” ucap Bamsoet. (antara/jpnn)

 2,363 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »
 

depo 25 bonus 25

scatter hitam

rujak bonanza

slot qris

spaceman