Pesona Taman Kolam Kijang dan Masjid Besar Nurul Iman Destinasi Wisata di Bintan

BINTAN, TRIBUNBATAM.id – Taman Kolam Kijang termasuk destinasi wisata andalan bagi warga lokal di Kabupaten Bintan.

Lokasinya berada di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

Tempat wisata ini menyuguhkan suasana yang tenang bagi mereka yang berkunjung ke sini.

Tak ayal lagi, tempat ini sering dikunjungi warga lokal di sana karena termasuk destinasi wisata yang ramah di kantong.

Tak hanya warga lokal Bintan, warga Tanjungpinang dan Batam juga ada yang datang ke lokasi ini, termasuk juga dengan wisatawan asing.

Hamparan kolam yang luas menjadi suguhan menarik bagi pengunjung yang datang.

Tempat wisata ini juga dilengkapi air mancur dan memiliki pepohonan yang rindang di sekitar taman kolam.

Selain menikmati panorama taman kolam, terdapat pula deretan pedagang kaki lima yang menjual aneka macam makanan mulai dari minuman segar dan cemilan untuk teman bersantai di sekitar lokasi.

Apalagi di sepanjang taman kolam ini juga ditanami sejumlah pohon. Termasuk Pohon Sakura.

Tempat wisata ini kerap dikunjungi banyak orang ketika sore hari.

Di antara pengunjung itu ada yang melakukan kegiatan memancing, duduk santai hingga melakukan jogging di kala sore hari.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan Taman Kolam Kijang juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Raja Heri Mokhrizal mengatakan, Taman Kolam Kijang menjadi satu di antara tempat wisata di Kepri yang sering dikunjungi wisatawan lokal.

Baik itu wisatawan lokal dari Kota Tanjungpinang, Batam, dan kabupaten lainnya di Kepri.

Sejumlah wisatawan mancanegara juga pernah berkunjung ke tempat wisata ini.

Nilai plusnya karena lokasi wisata ini berdekatan dengan Masjid Besar Nurul Iman, yang menjadi tempat wisata religi di daerah Kijang, Bintan.

“Taman Kolam Kijang dan Masjid Besar Nurul Iman ini bisa dibilang satu paket. Jadi ketika ada wisatawan yang datang ke Masjid Besar Nurul Iman, mereka bisa sekalian ke Taman Kolam. Begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

Ia berharap, tempat-tempat wisata di Bintan bisa kembali bangkit, sehingga perekonomian di Bintan bisa kembali pulih setelah diterpa pandemi covid-19 selama dua tahun belakangan ini.

Punya Arsitektur yang Unik

Selain menikmati keindahan taman kolam, pengunjung juga dapat menikmati wisata religi.

Yaitu, Masjid Besar Nurul Iman yang letaknya bersebelahan dengan Taman Kolam Kijang.

Masjid yang berada di pusat Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur ini menawarkan berbagai keindahan dari arsitektur yang begitu unik dan menarik.

Sejumlah pohon dan tanaman yang tertata rapi di sebuah pot besar juga menghiasi jalan masuk tepat di depan masjid yang berwarna hijau dan kuning ini. Sehingga membuat suasana sejuk dan rindang.

“Wisatawan yang sering datang kemari itu, ada warga Bintan, Tanjungpinang. Kalau dari luar Bintan, ada dari Batam dan kabupaten lain di Kepri. Tapi ada juga dari Malaysia sembari kunjungan wisata religi di Masjid Besar Nurul Iman yang berada di sini,” ucap seorang warga Kijang Kota, Rahmat, belum lama ini.

Menurutnya, Taman Kolam Kijang merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi masyarakat lokal di akhir pekan, karena suasana yang asri ditambah rindangnya pepohonan.

“Tak hanya itu, lokasinya juga masih bisa terjangkau. Daripada jauh-jauh keluar Batam atau ke arah Lagoi, mending di sini juga bagus,” ucap pria asli Bintan ini.

(tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

 93 total views,  2 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »