Museum Bahari Bintan, Spot Wisata Edukasi Kelautan yang Menarik

BandungKlik – Saat liburan di Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) jangan hanya menikmati keindahan pantai. Namun wisatawan juga bisa menambah wawasan soal bahari atau kelautan dengan mampir ke Museum Bahari Bintan. Spot wisata edukasi yang asyik dikunjungi bersama keluarga atau teman.

Museum khusus bahari ini sendiri diresmikan pada tahun 2006. Keistimewaan dan keunikan dari museum yang satu ini sudah tampak dari luar. Yaitu dari desain bangunannya yang berbentuk Perahu Kajang yang tampil apik dan menarik.

Begitu masuk ke dalam Museum Bahari Bintan, wisatawan bisa melihat dan mempelajari beragam koleksi. Benda-benda koleksinya berkaitan dengan kegiatan di sekitar pesisir pantai, aktivitas nelayan, dan pelayaran kapal.

Tak hanya itu, ada pula koleksi berbagai alat penangkap ikan, seperti bubu, pukat dan bento. Kemudian koleksi miniatur kapal pompon, jaring ikan, dan pasar perkampungan Suku Laut. Tambah lagi koleksi berupa perahu dan berbagai jenis hewan laut yang diawetkan.

Selain koleksi yang berhubungan dengan nelayan, terdapat juga koleksi bersejarah yang sangat berharga. Seperti arca dan piring hasil pengangkatan harta karun bawah laut di Kabupaten Bintan. Konon merupakan peninggalan sejarah dari Dinasti Ming dari China.

Koleksi barang muatan kapal tenggelam tersebut, dipajang di bagian lantai dasar dan sebagian lagi tersimpan dalam ruangan yang terkunci. Barang-barang tersebut merupakan hasil sumbangan dari pengawas perikanan pemerintah Indonesia.

Lokasi & Jam Buka Museum Bahari Bintan

Museum kelautan di Pulau Bintan tersebut milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Kepri. Untuk pengelolaannya di bawah Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bintan.

Lokasi Museum Bahari Bintan terletak di Jalan Pantai Trikora Kilometer 36, Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). Menariknya, wisatawan bisa masuk museum ini tanpa harus membeli tiket alias gratis.

Destinasi wisata edukasi di Pulau Bintan ini buka untuk umum setiap hari, dari Senin hingga Minggu, kecuali hari libur nasional, museum ini tutup. Jam bukanya mulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.*

Sumber : https://bandungklik.com/museum-bahari-bintan-spot-wisata-edukasi-kelautan-yang-menarik/pariwisata/museum/

 24 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »