Mantap! 700 Turis Asing Masuk Bintan di Awal Tahun 2023, Dominan Asal Singapura

SEBANYAK 700 wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2023 masuk perdana ke Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggunakan jalur transportasi laut.

Para wisman tersebut berangkat dari pelabuhan Tanah Merah Singapura menggunakan Kapal Ferry Aria Bupala, dan tiba di pelabuhan internasional Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, Minggu, 1 Januari 2023.

“Ini wisman perdana di awal tahun 2023. Kita sangat menyambut gembira kedatangan mereka,” kata Bupati Bintan, Roby Kurniawan usai menyambut kedatangan turis perdana di tahun 2023, seperti dikutip dari Antara.

Roby berharap kedatangan ratusan turis asing di awal tahun ini menjadi penanda pariwisata Bintan bisa benar-benar bangkit kembali, setelah dua tahun lebih terpuruk dampak dari pandemi Covid-19.

(Foto: ANTARA)

Ia menyebut geliat pariwisata akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah (PAD), yang minimal bisa kembali seperti kondisi sebelum pandemi.

“Kita semua tahu, 70 persen PAD Bintan bersumber dari sektor pariwisata,” ujar Roby.

Sementara, GM PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) sekaligus pengelola kawasan wisata Lagoi, Bintan, Abdul Wahab mengungkapkan, hari ini total ada empat kedatangan Kapal Ferry dari Singapura dengan total wisman sekitar 700 orang. Wisman didominasi dari Singapura, dan ada juga dari Jepang hingga Australia.

Abdul Wahab memastikan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Bintan dan semua stakeholder terkait guna makin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan khususnya mancanegara.

Dia pun optimistis tahun ini industri pariwisata bisa menyumbangkan PAD Bintan sekitar Rp300 miliar seiring makin membaiknya kondisi pandemi Covid-19.

“Konsep kolaborasi juga diterapkan sebagai salah satu pengembangan daya tarik wisata, di mana ke depannya wisatawan yang menginap di Kawasan Lagoi akan bisa berkeliling Bintan hingga Tanjungpinang untuk melihat destinasi lainnya,” kata Abdul Wahab.

Kedatangan perdana wisman di Lagoi disambut meriah dengan resam budaya khas Melayu, yaitu tari persembahan dan sekapur sirih oleh kelompok sanggar tari tempatan.

Selain Bupati Bintan, sejumlah pejabat forkopimda ikut hadir menyambut sekaligus mengalungkan bunga sebagai ucapan selamat datang kepada turis asing tersebut.

Sumber : https://travel.okezone.com/read/2023/01/02/406/2738533/mantap-700-turis-asing-masuk-bintan-di-awal-tahun-2023-dominan-asal-singapura?page=1

 41 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »