BERBURU Kuliner Khas Kijang Bintan, Otak-otak Tiga Rasa Sei Enam hingga Bakso Ikan

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id – Kepulauan Riau bukan hanya jadi surga wisata bahari, tapi juga terkenal dengan aneka kuliner yang diolah menggunakan hasil laut.

Salah satunya adalah otak – otak, kini makanan berbahan dasar ikan tersebut jadi salah satu oleh – oleh yang wajib dicicipi dan dibawa pulang ketika berkunjung ke Tanjungpinang dan Bintan.

Sebenarnya tidak sulit mencari otak – otak ini, hanya saja jika ingin mencicipi otak – otak yang lezat dan nikmat kita harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Kota Tanjungpinang.

Lokasi otak – otak yang terkenal ini berada di Sei Enam Laut, Kijang, Kabupaten Bintan.

Tempatnya berada di sekitar lapangan bola, jalannya sedikit masuk ke rumah warga.

Sehingga hanya bisa menampung beberapa kendaraan roda dua dan roda empat saja.

Namun setiap hari yang datang ke sini sangat ramai sekali, mereka datang hanya untuk membeli makanan otak – otak untuk di bawa pulang.

Di sini sejumlah pedagag otak – otak bisa kita jumpai, salah satu otak – otak yang terkenal adalah “Otak – Otak Mak Oteh” Sei Enam Laut, Kijang, Kabupaten Bintan.

Yang menjadi perbedaan otak – otak lainnya dengan otak – otak Sei Enam Laut ini karena varian rasa otak – otaknya ada 3 jenis, ada ikan, sotong, dan tulang.

Otak – otak yang paling favorit yakni rasa tulang, karena rasanya sangat otentik dan isiannya benar – benar dari tulang ikan.

Cara pengolahan otak – otak sendiri sangat unik, ketika ada pembeli yang datang barulah penjual memasukkan isian otak – otak ke dalam daun kelapa yang telah digunting.

Setelah itu dibakar dengan arang sekitar 1-2 menit hingga otak – otak matang.

Penjual otak – otak Mak Oteh ini mengaku biasanya yang paling ramai datang ke warungnya ada pengunjung dari luar Kijang.

Selain makan di tempat mereka juga akan membungkus otak – otak untuk dibawa pulang.

“Biasanya pengunjung pesan tiga rasa, tapi yang paling disukai itu rasa tulang, kita pakai tulang ikan yang sudah diolah jadi cara makannya harus hati-hati karena isiannya tulang ikan,” kata penjual otak – otak.

Satu keping otak – otak itu sendiri dijual seharga Rp 1.500, bisa campur rasa saat membeli otak – otak di sini.

Tidak hanya otak – otak saja, di sini juga tersedia bakso ikan yang tidak kalah lezatnya.

Salah satu pembeli, Riska, rela datang dari Tanjungpinang hanya untuk mencicipi otak – otak ini, ia mengaku tidak menyesal harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. 

“Lumayan jauh ya ke sini, tapi itu terbayarkan dengan rasa otak – otak yang dijual di sini, bahkan saya pesan juga untuk di bawa pulang, rasanya pengen datang lagi ke sini, karena memang seenak itu otak – otaknya,” kata Riska.

Jangan khawatir jika anda tidak bisa datang ke lokasi, otak – otak Mak Oteh ini juga menerima pesanan, sebelum datang ke lokasi kita bisa menanyakan ketersediaan otak – otak yang dijual. (TRIBUNBATAM.id/Rahma Tika)

Artikel ini telah tayang di TribunBatam.id dengan judul BERBURU Kuliner Khas Kijang Bintan, Otak-otak Tiga Rasa Sei Enam hingga Bakso Ikan, https://batam.tribunnews.com/2022/07/25/berburu-kuliner-khas-kijang-bintan-otak-otak-tiga-rasa-sei-enam-hingga-bakso-ikan?page=2.
Penulis: Rahma Tika | Editor: Tri Indaryani

 87 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »