Kemenpora Daulat Bintan Resort Sebagai Insan Olahraga Penggerak Ekonomi Terbaik 2021

BINTAN – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Bintan Resort Cakrawala (BRC) sebagai insan olahraga berprestasi bidang penggerak ekonomi terbaik se Indonesia untuk tahun 2021.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh perwakilan pejabat Kemenpora RI ini dilakukan pada Rabu (29/12) malam di Anmon Resort, Lagoi Bintan.

Turut hadir sejumlah pejabat seperti Buralimar selaku Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Wan Rudi Iskandar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan, Aupa Samake Kepala Dinas Kominfo Bintan, Hasfi Handra Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Bintan serta sejumlah pejabat lainnya.

Selain itu, hadir juga sejumlah perwakilan Kemenpora RI yaitu Dr Raden Isnanta MPD selaku Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Suyadi Prawiro selaku Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga, Ahmad Arsani selaku Kabid Peningkatan Mutu Pelatih dan Instruktur dan Cucu Sundara selaku Kabid Penyelenggaraan Olahraga Nasional.

Kepada awak media, Raden Isnanta mengatakan, olahraga dapat dijadikan instrumen penting dalam promosi dan juga peningkatan ekonomi. Di seluruh wilayah Indonesia, pariwisata berbasis sport tourism menjadi penggerak ekonomi dan peningkatan pendapatan negara.

“Untuk penghargaan yang kami berikan ke Bintan Resort Cakrawala ini merupakan penghargaan bagi insan olahraga berprestasi 2021. Ini merupakan penghargaan tertinggi dalam peringatan Hari Olahraga Nasional RI,” kata Raden.

Penghargaan ini, katanya, meliputi beberapa insan olahraga seperti pelatih, wasit, atlet, penggerak, pembina, swasta, peneliti dan swasta serta komponen lainnya. Penilaiannya juga dilakukan secara bertahap dan detail untuk setiap insan olahraga tersebut.

“Ya penilaiannya dapat diusulkan dari KONI, pemerintah daerah, pemerintah, pengamatan dan penelitian kami. Kemudian selanjutnya tim kami menyeleksi dengan data yang valid dan diverifikasi langsung maupun dengan data penunjanb lainnya,” jelas Raden.

Ia menambahkan, untuk sport tourism di Bintan pihaknya telah mengumpulkan cata dan melakukan treking sumber dan validasi lainnya.

“Untuk kategori penggerak, selain BRC sendiri, di Indonesia ada beberapa pihak lainnya seperti salah satu hotel, ada walikota dan juga gubenur. Kemudian ada pihak swasta lainnya,” ungkapnya.

Penghargaan ini, lanjutnya, telah diserahkan secara simbolik oleh Menteri Olahraga RI di hadapan Presiden Jokowi pada peringatan hari olahraga nasional beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Abdul Wahab, Grup General Manager (GGM) PT BRC mengaku bangga dengan penghargaan dari Kemenpora RI. Menurutnya, Lagoi yang berdiri sejak 1996 lalu telah memulai sport tourism sejak 2005 lalu.

“Kami memulai iven olahraga di Lagoi yaitu Bintan Triathlon. Kalau tak karena Covid-19, iven ini telah masuk tahun ke 20. Pada iven ini telah menyumbang 5.000 tamu dan 2.500 peserta di hari penyelenggaraannya, sehingga peningkatan pendapatan daerah cukup tinggi,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, bersama bantuan Dinas Pariwisata Kepri dan Bintan, pihaknya juga melaksanakan Tour de Bintan yang telah dilakukan bertahun-tahun dengan induk olahraganya di Prancis.

Ditambahkannya, ada juga Ironman yang dilaksanakan di Bintan yang sudah masuk tahun ke 13. Olahraga ini memiliki induk di Amerika dan kerap mendatangkan atlet profesional di Bintan.

“Bahkan Ironman ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang diselenggarakan di Lagoi,” jelasnya.

Ia menerangkan, pada tahun 2019 lalu, dari total kunjungan turis ke Lagoi sebesar 1,1 juta orang, 20 persen diantaranya merupakan turis yang mengikuti iven sport tourism.

Sementara itu, Buralimar, Kepala Dinas Pariwisata Kepri mengungkapkan di Kepri ada 6 Iven internasional yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Tahun 2022 mendatang kami akan melaksanakan 234 iven di Kepri, lebih dari sepertiganya merupakan sport tourism,” katanya.

Ia juga berharap, pada pertengahan Januari mendatang ketika Covid-19 terkendali, maka beberapa pintu masuk internasional akan dibuka ke Kepri dan Lagoi merupakan salah satunya.

“Di kita ada 9 pintu masuk, sebagian besar merupakan pintu masuk laut. Dari 2,8 juta turis, 2,6 juta diantaranya merupakan turis masuk melalui jalur laut dan sisanya masuk dari jalur udara,” tambahnya.(aan)

Sumber : https://luarbiasa.id/30/12/2021/kemenpora-daulat-bintan-resort-sebagai-insan-olahraga-penggerak-ekonomi-terbaik-2021/

 140 total views,  1 views today

About the Author

You may also like these

Follow us on Instragram

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan #DisbudparBintan #LiburanDiBintanAja #BintanBreathtakingJourney

Translate »