Kadis Pariwisata Kepri Lepas Ratusan Peserta Tropical Ride Bintan Resort

Ratusan peserta Tropical Ride Bintan Resort dilepas. Bersepeda santai di dalam Kawasan Pariwisata Bintan Resorts dengan hadiah menggiurkan di Lagoi Bay, Sabtu (20/11).

Di bawah guyuran hujan, tidak menghilangkan semangat 300 peserta yang mendaftar menggowes sepedanya yang dimulai tepat pukul 07:00 WIB. Kompetisi terbagi menjadi 2 kategori yaitu kategori Fun Ride dengan rute 15 km dan kategori Challenge Ride dengan rute 25 km.Dinamakan Tropical Ride oleh karena sepanjang rute para peserta akan disuguhkan dengan pemandangan yang lekat dengan nuansa keindahan alam tropis, melewati beberapa lokasi resort, danau yang tenang, hutan yang asri serta udara yang segar dan menyehatkan.Khusus pada kategori 15 km Fun Ride, peserta akan mendapatkan pengalaman yang berbeda saat bersepeda. Untuk menambah keseruan, peserta akan melalui rute zig zag dan spot low race di mana ini merupakan tantangan yang menarik dan tidak biasa ketika bersepeda.

Kadis Pariwisata Kepri Lepas Ratusan Peserta Tropical Ride Bintan Resort (1)
Pelepasan pertama dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar. Foto: Milyawati/kepripedia.com

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme masyarakat Pulau Bintan terhadap pentingnya menjalankan olahraga secara berkala khususnya bersepeda sambil tentunya menikmati suasana seperti berlibur.

Pelepasan pertama dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar. Ia mengatakan total peserta tersebut sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bintan.

“Ini bisa dibilang event masif pertama di Bintan Resort setelah dua tahun pandemi. Bagus sekali ini. Ternyata antusias masyarakat sangat besar. Untuk bulan depan akan ada lagi KasmaRun. Memang sudah seharusnya kita bangkitkan lagi event-event. Karena sepertinya masyarakat sudah sangat ingin kembali berkegiatan,” ujarnya.Abdul Wahab selaku Group General Manager Bintan Resorts, menyatakan bahwa acara ini merupakan bagian dari kegiatan olahraga rutin di Kawasan Pariwisata Bintan Resorts. BRC dengan bangga dapat menyelenggarakan kegiatan olahraga sepeda yang bertajuk Tropical Ride yang bisa menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari proses registrasi hingga selesainya acara.

“Tren dan gaya hidup saat masa pandemi telah memunculkan banyak komunitas yang menyenangi olahraga sepeda, sehingga potensi ini dinilai mampu menarik minat dan antusias pengunjung untuk ke kawasan wisata Bintan Resorts selain untuk rekreasi dan berlibur yang memang telah dikenal sebagai Sport Destination,” katanya.Peserta yang mengikuti telah melakukan registrasi dengan biaya Rp 50.000/orang untuk kategori Fun Ride dan Rp 75.000/orang untuk kategori Challenge Ride. Peserta yang telah mendaftar mendapatkan nomor peserta (BIB number), voucher Lucky Draw dengan puluhan hadiah menarik, air mineral & isotonik serta voucher makanan dengan melibatkan beberapa UMKM lokal di Bintan sebagai penyedia makanan dan minuman. Khusus untuk peserta Challenge Ride, pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah.

Proses pendaftaran dan registrasi juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di mana setiap peserta wajib sudah menerima vaksinasi minimal 1 kali sebagai syarat utama untuk mendaftar pada perlombaan ini. Kemudian, peserta wajib memiliki hasil negatif test COVID-19 melalui tes uji Genose C19/Antigen/ PCR sebelum mengikuti perlombaan.Pada saat perlombaan berlangsung, setiap peserta wajib menjalankan protocol 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan). Selain itu, proses flag off juga dibagi per kelompok (25-30 peserta) dengan interval setiap 5 menit yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kerumunan saat bersepeda. Kemudian, di lokasi start area juga dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan sesaat sebelum flag off.Abdul Wahab berharap acara olahraga sepeda Tropical Ride menjadi salah satu tambahan ikon kegiatan olahraga tahunan di Bintan Resorts yang bertujuan untuk menghubungkan kembali pesepeda dengan lingkungan yang sehat dan suasana yang menyenangkan. Menghidupkan sekaligus berdampak pada peningkatan kembali jumlah pengunjung ke Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi, serta membantu ekonomi masyarakat lewat UMKM Bintan. https://kumparan.com/

 13 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Translate »