Launching Agrowisata Persawahan Poyotomo Bintan

Makan malam berlauk pari..
Pari dimasak memakai bara..
Ayo tingkatkan pendapatan petani..
Melalui program pengembangan agrowisata..

Agrowisata atau wisata pertanian didefinisikan sebagai rangkaian aktivitas perjalanan wisata yang memanfaatkan lokasi atau sektor pertanian mulai dari awal produksi hingga diperoleh produk pertanian dalam berbagai sistem dan skala dengan tujuan memperluas pengetahuan, pemahaman, pengalaman, dan rekreasi di bidang pertanian. Adanya pengembangan agrowisata di perdesaan yang berbasis masyarakat setempat diharapkan dapat memberi manfaat yang banyak, tidak saja bagi masyarakat perdesaan tetapi juga masyarakat perkotaan. Pengembangan agrowisata akan menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapat petani di luar nilai kuantitas produksinya.

POTENSI AGROWISATA PERSAWAHAN DI KABUPATEN BINTAN

Plt. Bupati bersama Kapolres Bintan membuka selubung papan nama sebagai tanda launching agrowisata persawahan Poyotomo Bintan

Kawasan persawahan di Kab. Bintan memiliki potensi pengembangan seluas 67,5 Ha namun yang sudah diusahakan seluas 25 Ha di oleh KT Poyotomo Makmur Desa Sri Bintan Kecamatan Telok Sebong dan KT. Hidup Bersama Parit Bugis Desa Bintan Buyu di Kecamatan Teluk Bintan. Selama ini lokasi persawahan hanya digunakan sebagai areal produksi tanaman pangan dan perikanan air tawar, tentu masih banyak potensi lain yang belum digarap, maka untuk lebih memberikan manfaat kepada perekonomian masyarakat setempat dirasakan perlu mengembangkan potensi Agrowisata . Beberapa keuntungan dalam pengembangan agrowisata persawahan diantaranya lokasi berdekatan dengan area rekreasi pemancingan Poyotomo sehingga memungkinkan dapat limpahan kunjungan dari pemancingan tersebut, lokasi berdekatan dengan area wisata terpadu Lagoi.

Dalam upaya mewujudkan potensi ekonomi khususnya di sektor wisata maka Pada Tanggal 13 Oktober 2021, DKPP Kab. Bintan melaksanakan aktivitas panen padi program Desa Mandiri Benih { DMB ), penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kelompok Tani Poyotomo Makmur dengan BAZNAS Bintan dan launching Pokdarwis Agrowisata Persawahan Poyotomo di Dusun Poyotomo Desa Sri Bintan Kec. Telok Sebong Kab. Bintan.

Dalam amanahnya Plt. Bupati Bintan Roby Kurniawan S.P.W.K menyampaikan ucapan terimakasih kepada pejuang pertanian yang telah bekerja dengan susah payah untuk menjaga ketahanan pangan. Dan mengapresiasi terobosan yang masyarakat Kampung Poyotomo yang dapat menciptakan peluang dan inovasi baru, dimana sawah dapat dijadikan sebuah objek wisata. Melalui agrowisata diharapkan dapat mengoptimalkan potensi ekonomi area persawahan diluar kuantitas produksi pertanian.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat membuka secara resmi Agrowisata, mudah-mudahan ini dapat berjalan dengan maksimal. Saya juga berpesan kepada para pemuda untuk senantiasa menjaga kebersihan di lokasi wisata kita yang baru. Deny ketua POKDARWIS Agrowisata Persawahan Poyotomo Bintan mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait khususnya DKPP Kab. Bintan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan yang terus memberi motivasi dalam mewujudkan agrowisata ini, semoga agrowisata ini dapat memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar dan dapat memberikan alternatif pilihan destinasi wisata di Kab. Bintan sehingga memberikan pilihan yang beragam bagi masyarakat lokal maupun internasional.

 59 total views,  1 views today

About the Author

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan

Kabupaten Bintan Merupakan destinasi Wisata kelas dunia yang mempunyai keindahan alam, keragaman hayati, keunikan wisata budaya, kearifan lokal yang terpelihara sehingga sangat menarik untuk dikunjungi, Setelah sukses menggelar beberapa event olahraga dunia, Bintan akan semakin giat untuk mengadakan event wisata lainya untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan maupun Wisnus.

You may also like these

Translate »