logo

Sejumlah Menteri Gelar Rakorpim Covid-19 di Bintan, Ratusan Kamar Hotel di Lagoi Terisi

Sejumlah menteri akan menghadiri rapat koordinasi pimpinan (rakorpim) komite penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional dan kementerian / lembaga di One Tree Hill Laguna Bintan Resort, kawasan wisata Lagoi, Bintan, 25-26 September 2020.

Dalam salinan diterima, ada 3 menteri koordinator dikabarkan bakal menghadiri rakorpim yakni Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menko Bidang Politik, Hukum dan HAM, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Lalu, 11 menteri bakal menghadiri rapat tersebut yakni Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Menteri BUMN, Menteri Sosial, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Koperasi UKM, Menteri Pertanian, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemudian Jaksa Agung, Kapolri, Ketua KPK, Kapala BPKP RI, Kepala LKPP RI, Kepala Staf TNI AD, Wakapolri, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Wakil Menteri BUMN, Wakil Menteri Keuangan dan Wakil Menteri Perdagangan dan Ketua Umum Kadin Indonesia.

Kadis Pariwisata Bintan, Wan Rudy Iskandar membenarkan hal ini. “Besok (Kamis) sejumlah menteri beserta rombongan tiba di Tanjungpinang, mereka satu pesawat menaiki Garuda,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (23/9/2020).

Dirinya tidak tahu siapa saja menteri yang bakal menghadiri rapat tersebut karena yang menangani rakorpim langsung dari kementerian sedangkan protokol Pemprov Kepri dan pihak pengelola kawasan Lagoi.

“Informasinya ada menteri yang datang dan langsung ikut rakorpim tapi ada yang melalui daring saja,” ujarnya. Dipilihnya Bintan sebagai lokasi rakorpim menurutnya, membawa angin segar bagi industri pariwisata di Bintan di tengah pamdemi covid-19 karena membuat tingkat hunian hotel meningkat.

Dia memperkirakan hampir 250 kamar akan terisi selama agenda nasional ini berlangsung di kawasan wisata Lagoi. “Para menteri dan rombongan akan menginap di Laguna Bintan, selain itu ada yang menginap di luar Laguna Bintan,” ujarnya.

Selama di Lagoi, masih katanya, para menteri akan melaksanakan rakorpim terkait penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi. Tapi di luar agenda utama itu berdasarkan informasi diperoleh, menteri memiliki agenda masing-masing.

“Jumat mereka akan rapat bersama, kemudian ada agenda masing-masing seperti menteri pariwisata akan melaksanakan gala diner dengan pelaku pariwisata Jumat malam, sedangkan menteri industri informasinya akan meninjau kawasan industri Lobam dan menteri pertanian akan menemui KWT di Teluk Bakau,” ujarnya.

Lalu bagaimana dengan penerapan protokol kesehatan para menteri dan rombongan yang akan menghadiri rakorpim di Bintan mengingat mereka dari Jakarta, daerah tertinggi kasus covid-19?

Ia menjelaskan, para menteri dan rombongan telah mengikuti protokol kesehatan. “Dari Jakarta mereka sudah dites, kemudian di sini pun mereka akan kembali dirapid test. Alat mereka bawa, hanya petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan kita,” jelasnya.

Sedangkan protokol kesehatan di kawasan wisata Lagoi, menurutnya, pihak kawasan wisata Lagoi telah menerapkan protokol kesehatan super ketat terhadap pengunjung yang datang.

“Kalau dari pengelola, mereka sudah siap dan telah menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya. Sementara itu, GM Laguna Bintan, Alpha Eldiansyah mengatakan, pihaknya siap menerima tamu dari kementerian dan rombongan karena telah menerapkan protokol kesehatan. “Yang pasti kita sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Disinggung kamar yang terisi dari adanya agenda rakorpim ini? “Sudah hampir full di Casia. Jumlah kamar kita sekira 180,” katanya berharap agenda nasional ini berjalan lancar. (*) https://batampos.id/

 74 total views,  2 views today

Comments are closed.