logo

Tertarik Ingin Menikmati Wisata Gurun Pasir Ala Timur Tengah, Bintan Jawabannya

Tertarik ingin menikmati wisata yang mirip dengan gurun pasir di Timur Tengah atau Planet Mars? Tenang saja, Anda tidak harus jauh-jauh pergi ke Timur Tengah.

Sebab, di Indonesia tepatnya di Bintan, Kepulauan Riau, terdapat satu objek wisata bernama Gurun Pasir Bintan. Gurun Pasir Bintan merupakan perbukitan yang sedang hits di kalangan traveler milenial. Menariknya, teksturnya yang unik membuat tempat ini mirip dengan Planet Mars. Gurun Pasir Bintan, berada di Busung, Seri Kuala Lobam, Bintan.

Bimtan-Gurun Pasir Bintan atau yang juga disebut Gurun Pasir Busung merupakan objek wisata yang kini tengah populer, menawarkan keindahan bukit pasir layaknya di timur tengah berupa gundukan pasir yang merona ketika terkena sinar matahari.

Untuk berkunjung ke bukit ini, setidaknya wisatawan harus menempuh perjalanan selama satu jam dengan jarak tempuh sekitar 50 kilometer dari Kota Tanjung Pinang, Gurun Pasir Bintan ini memang tidak tercipta secara alami, namun dulunya merupakan tempat penambangan pasir yang cukup produktif, bahkan pasir hasil tambang juga diekspor hingga ke mancanegara.

Berselang beberapa waktu, terciptalah gundukan-gundukan pasir yang menjadi fenomena tersendiri serta mengundang banyak orang yang tengah melewati Jalan Tanjung Pinang – Bintan #IGS_Riau,” tulis Instagram @Indogreatspot, dikutip Jumat (29/3/2019).

Berada di Gurun ini, Anda akan melihat banyak pepohonan dan semak yang tidak begitu tinggi. Di beberapa tempat juga tampak tumbuh rerumputan seperti ilalang-ilalang kering. Jika melewati Desa Busung di jalan lintas Tanjungpinang-Bintan, Anda akan menemukan bukit pasir yang posisinya berada di sebelah kiri jalan menuju Bintan. Bukit pasir ini merupakan bekas penambangan bauksit yang aktif, bahkan diekspor ke luar negeri. Namun, akhirnya tambang pasir dihentikan. Karena sudah tidak dipakai lagi, kini tambang tersebut terbentuk menjadi gundukan-gundukan gurun pasir unik mirip di Planet Mars. Keindahan Gurun pasir ini terlihat dari relief yang terbentuk dari bekas tambang. Material pasirnya dari kejauhan terlihat halus. Namun, jika Anda mendekat pasirnya berkerikil. Tempatnya unik, sehingga cocok dijadikan spot foto instagramable. Waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit pasir adalah saat pagi atau sore, ketika matahari tidak terlalu terik.

Untuk berkunjung ke Bukit Pasir datanglah menggunakan kendaraan pribadi, karena belum ada transportasi umum untuk ke sini. Lokasinya tidak sulit karena berada di pinggir jalan. Kalau dari kota Tanjungpinang kurang lebih 47 km atau sekitar 40-60 menit. (Vivin)

 462 total views,  2 views today

Comments are closed.