logo

Tour De Bintan, Event Terbanyak Diikuti Orang Asing di Indonesia

Bintan – Event Tour De Bintan yang dilaksanakan untuk kedelapan kalinya di Kabupaten Bintan tahun 2018 ini, adalah salah satu event dengan peserta asing terbanyak dari berbagai event internasional yang diselenggarakan di Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi, kepada sejumlah media usai melepas peserta Tour de Bintan, Sabtu (24/3/2018). Menurutnya, pelaksanaan event tahunan ini, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya.

Untuk tahun 2018 ini, event Tour de Bintan diikuti oleh sekitar 1200 peserta dari berbagai kategori, dan sebagian besar pesertanya berasal dari 48 negara. Artinya, dengan adanya penambahan jumlah peserta, secara otomatis kunjungan wisatawan juga bertambah.

Hal tersebut, diartikan juga secara otomatis menambah pemasukan bagi pendapatan daerah, karena pendapatan Bintan sendiri dari sektor pariwisata memang menjadi sumber pendapatan yang terbesar. Selain itu, hal tersebut juga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Bintan.

“Dengan 1200 peserta, menjadi terbanyak di Indonesia serta berasal dari 48 negara. Apabila dikalikan dengan keluarga atau bahkan media asing yang turut hadir, diperkirakan secara keseluruhan termasuk penontonnya mencapai 7000 orang,” ungkap Apri Sujadi.

“Apabila dengan jumlah 7000 orang asing berkunjung dan rata-rata berbelanja Rp3 juta per orang, maka peredaran uang di Bintan dalam satu hari jelas miliaran rupiah,” tambahnya.

Lebih jauh disampaikan, kehadiran para turis secara otomatis memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, di mana sebelumnya pertumbuhan ekonomi Bintan pada kisaran 5,19 persen dan pada tahun 2017 mencapai 6,17 persen.

Dari sisi lain, kata Apri Sujadi, Pemkab Bintan juga terus melakukan pembangunan dari segi infrastuktur sebagai penunjang untuk peningkatan kunjungan pariwisata ke Bintan.batamtoday.com

186 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Comments are closed.