logo

Pemandu Wisata Alam Dibekali Pelatihan SDM

Bintan – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan menggelar pelatihan pemandu wisata alam  trekking dalam rangka meningkatkan potensi wisata alam di Bintan.

Peserta yang ikut berpartisipasi sebanyak 57 orang Pemandu Wisata Alam dan juga dari berbagai instansi seperti Camteras, GenPi Bintan, Pokdarwis, Karang Taruna dan lain-lain. Pelatihan ini digelar di Bhadra Resort, Kecamatan Toapaya. Berlangsung sejak  17 Juni – 19 Juni 2019. Senin, (17/6).

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Bintan, Dahsyat Gafnesia mengatakan untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan, perlu melakukan pembenahan pada sektor-sektor utama penunjang pariwisata diantaranya sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan khususnya pemandu wisata alam.

“Disbudpar Kabupaten Bintan akan terus bekerja sama dan saling bersinergi antara pemerintah dan semua pelaku pariwisata untuk sama-sama bahu membahu dalam mengembangkan industri pariwisata di Bintan. Oleh karena itu semoga program pengembangan SDM ini melalui Workshop,” ungkap Dahsyat.

Dahsyat mengatakan pelatihan mountain trekking tersebut bisa menjadi tolak ukur dalam mencetak para trekker di Bintan yang bersertifikasi sehingga potensi Sumber Daya Alam (SDA) yaitu pendakian di Gunung Bintan dapat menjadi destinasi wisata yang dibanggakan dan diminati oleh wisatawan mancanegara maupun lokal.

“Selama tiga hari ini para pengajar atau narasumber akan melatih dan memberikan pengetahuan para pemandu wisata alam antaranya menyangkut keamanan dan kenyamanan, menghindari resiko kecelakaan saat berwisata di tempat-tempat pariwisata baik itu dipantai dan wisata alam hutan,” ujarnya.

Di Kabupaten Bintan ini sebut Dahsyat, terdapat banyak potensi dari destinasi, serta obyek wisata agro, adventure dan budaya yang bisa dikembangkan dan dikemas menjadi satu untuk pariwisata yang menarik.

Sehingga dengan keberagaman yang dimiliki itu banyak menarik wisman seperti tamu dari Singapura dan Tiongkok datang berkunjung. Dengan begitu  para peserta diharapkan dapat mengikuti seluruh materi yang diberikan. Agar tujuan dari pelatihan ini dapat berjalan sebagaimana yang diinginkan. www.genpi.co

1,923 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Comments are closed.