logo

Lezatnya Gonggong, Hidangan Laut Khas Pulau Bintan

Indonesia memiliki jutaan warisan leluhur di setiap kontur tanahnya, pun di keelokan lautnya. Bagaimana tidak, sebagai negeri kepulauan yang sebagaian besar adalah perairan tentu Indonesia memiliki biota laut yang sangat beragam.

Menurut sejarah maritim, Indonesia sudah menjadi lalulintas perdagangan sejak beberapa abad silam. Pelancong dari berbagai negeri yang mampir ke tanah air saat berlabuh, konon takjub dengan kemolekan alamnya, serta kelezatan masakannya. Dan, hal tersebut yang kemudian membuat nusantara menjadi incaran kolonialisme dari bangsa-bangsa Eropa.

Satu kata yang cukup menggiurkan dan menimbulkan hasrat menguasai negeri ini, yakni rempah dan hasil laut. Karena rempah yang dijadikan bumbu masakan dari laut itulah, hasrat menjajah tanah air mulai perlahan muncul dari Belanda dan Portugis.

Kuliner Paling Khas di Pulau Bintan
Hidangan laut sudah tentu menjadi panganan utama bagi pencinta kuliner yang berkunjung ke Tanjung Pinang, atau saat mengelilingi Pulau Bintan secara luas. Tidak hanya ikan yang dimasak dengan berbagai cara, Pulau Bintan pun memiliki biota laut yang sedap untuk disantap, yakni Siput Laut dan Gonggong.

Gonggong atau Canarium Stroumbus, merupakan sejenis siput/kerang laut yang menjadi santapan khas Pulau Bintan, dan Kepulauan Riau pada umumnya. Bahkan, Gonggong mejadi sebuah ikon Kota Tanjung Pinang melalui Gedung Gonggong yang dirancang layaknya Disney Opera House di Australia, atau Keong Mas di Taman Mini Jakarta.

Gonggong sendiri merupakan biota laut endemik yang hidup di perairan laut kepulauan Riau dan cukup banyak ditemui di Pulau Bintan. Gonggong pun menjadi hidangan laut paling khas di Kepulauan Riau, khususnya Pulau Bintan, sebab hampir tidak ditemui di tempat lainnya. Gonggong juga memiliki kandungan gizi dan rasanya yang lezat.

Tidak semua gonggong nikmat untuk disantap, setidaknya ada beberapa jenis Gonggong yang memiliki citarasa, yakni Gonggong Cangkang Tipis (berwarna putih), Gonggong Ayam (kecil dan berwarna hitam), Gonggong Cangkang Tebal, dan Gonggong Merah Cangkang Tebal. Biasanya, gonggong dinikmati dengan siraman saus kacang, lada hitam, ataupun saus tiram yang terasa khas di lidah.

Seperti halnya Kepiting, Gonggong juga memiliki kandugan gizi yang cukup tinggi. Dalam setiap daging Gonggong hterdapat karbohidrat, kalori, protein, serta kandungan lemak baik. Dengan kandungan gizi yang banyak, dan rasanya yang lezat, tentu saja Gonggong menjadi hidangan paling populer jika Sobat Pesona melancong ke Pulau Bintan. www.pesona.travel

67 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Comments are closed.