logo

Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Kembali Gelar Festival Jong Race Utara

Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan kembali akan menggelar Lomba Festival Jong Race Utara di Pantai Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kec Teluk Bintan, pada hari Jum’at pagi (9/2). Permainan tradisional rakyat khas melayu ini, menjadi suatu agenda yang rutin dilakukan setiap tahunnya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengatakan bahwa agenda ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah atas usaha pelestarian seni dan budaya. Menurutnya, permainan perahu layar Jong merupakan permainan rakyat asli Melayu Bintan yang secara turun temurun sering diselenggarakan. Hal menarik lainnya, permainan perahu Jong ini juga mampu menarik perhatian wisatawan.

” permainan perahu layar Jong merupakan permainan rakyat khas Melayu Bintan yang secara turun temurun sering diselenggarakan. Kabupaten Bintan kaya dengan seni dan budaya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan bahwa permainan perahu layar Jong memiliki keunikan tersendiri, dimana perahu Jong dibuat dengan kayu pilihan, dengan panjang 1,5 meter dan layar mencapai 2 meter. Ditambahkannya juga bahwa, agenda Festival Jong Race menjadi salah satu kalender pariwisata Kabupaten Bintan , guna menarik kunjungan wisatawan.

” Ini menjadi salah satu kalender pariwisata Kabupaten Bintan, dimana Festival Jong Race diharapkan mampu menjadi daya tarik dan mendatangkan wisatawan ke Kabupaten Bintan. Tahun 2017 yang lalu, dari berbagai agenda pariwisata, kita berhasil mendatangkan sekitar 361.000 lebih wisatawan ” ujarnya saat ditemui di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Rabu pagi (7/2).

Sementara itu, Panitia Pelaksana Festival Jong Race Utara Pantai Keter Tembeling Tanjung, Mamat, mengatakan bahwa hingga saat ini, puluhan klub Jong yang berasal dari berbagai daerah sudah mendaftarkan diri ke panitia penyelenggara. Menurutnya, puluhan Klub Jong tersebut nantinya akan memperebutkan hadiah dengan total 35 juta rupiah.

” Hingga saat ini, sudah puluhan klub yang berasal dari sekitaran Kepri yang mendaftarkan diri ” tutupnya. GURINDAM.TV

605 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Comments are closed.