logo

Bintan Optimis Mampu Menyumbang Banyak Kunjungan Wisatawan ke Tanah Air di Tahun 2018

BINTAN – Destinasi wisata di Bintan yang juga sering disebut gerbang wisata masa depan Indonesia sudah sangat dikenal di mancanegara dan mulai diakui keberadaannya. Potensi alam yang begitu mempesona khususnya bahari dipadu dengan beberapa event internasional, menjadikan Bintan sebagai buruan wisatawan mancanegara maupun dalam negeri. Tak heran jika hal tersebut membuat Bintan mendapatkan target khusus dari Kementerian Pariwisata dalam hal kunjungan wisatawan. Tidak tanggung-tanggung, Kementrian Pariwisata mencatatakan sedikitanya 7 event pariwisata yang digelar di Kabupaten Bintan dalam Calender of Event, yang berjudul Cross-Border 2018 yang akan dilaunching pada, Jumat (8/12).

Bupati Bintan Apri Sujadi pun optimis ke depannya kunjungan wisatawan ke Bintan akan terus meningkat. Hal ini tentunya perlu mendapat perhatian serius yang dituangkan dalam berbagai upaya dalam rangka terus membenahi sarana dan prasarana serta hal-hal yang menunjang dunia pariwisata Bintan.

“Kunjungan wisatawan kita meningkat pesat. Ini tentunya berkat upaya dari semua pihak termasuk masyarakat. Namun kita tentu tidak berhenti di sini. Bintan masih memerlukan banyak sentuhan untuk terus meningkatkan daya tarik wisatanya yang selama ini menjadi penyumbang terbesar PAD Bintan” ujar Apri, saat menghadiri Lounching Calender of Events 2018 yang digelar Kementerian Pariwisata di Ballroom Hotel Alila, Jakarta, Jumat (8/12).

Dalam Launching Calender of Events 2018 ini, adapun event pariwisata yang masuk dalam kalender nasional yang digelar di Bintan diantaranya, Chinese New Year Festival, Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Ironman 70.3 Bintan, Bintan Golf Challenge, Bintan Moon Run dan Spartan Race Bintan.

“Bintan sangat fantastis. Destinasi wisata yang ditawarkan begitu kuat menjadi daya tarik bagi banyak orang. Daerah Cross Border lainnya juga memiliki kelebihan masing-masing. Dan tentunya perlu upaya bersama untuk mampu menaikkan rating Indonesia dalam kancah wisata dunia” ungkap Arief Yahya dalam sambutannya.

Disela-sela acara, Kadis Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira menyampaikan dalam tahun ini kunjungan Wisatwan Mancanegara (wisman) ke Bintan ditargetkan sebanyak 350.000 orang. Namun sejak Januari-Oktober 2017 jumlah kunjungan telah mencapai 290.000 orang atau naik 17 persen dari jumlah kunjungan wisman tahun lalu. Artinya kunjungan ke Bintan naik drastis bahkan sangat signifikan.

“Peningkatan kunjungan wisata tersebut tidak lepas dari banyaknya event yang digelar Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata Bintan, dan untuk tahun 2018 ditargetkan sebanyak 400.000,” ujar Prawira saat mendampingi Bupati Bintan.

Lebih lanjut lagi, Apri menambahkan bahwa event wisata di Bintan sangat banyak, mulai dari wisata bahari, wisata budaya, wisata olahraga dan beberapa objek wisata lainnya. Akan terus dilakukan beberapa terobosan ke depan agar lebih banyak lagi event-event wisata Bintan yang masuk dalam kalender wisata nasional.

“Banyak, sangat banyak event wisata di Bintan. Tujuh event kita yang masuk dalam kalender nasional sudah merupakan pencapaian yang gemilang. Ke depannya promosi, pengelolaan dan berbagai upaya lainnya akan terus dilakukan agar semakin banyak event wisata di Bintan yang masuk dalam kalender nasional dan dikenal lebih banyak orang. Contoh saja kegiatab budaya, eksotisnya budaya di tanah Bintan tidak kalah dengan daerah lain” pungaksnya.

721 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Comments are closed.