logo

Gelar Bintan International Marathon 2018

Bintan – Kawasan Pariwisata Lagoi akan memiliki event olahraga bertaraf internasional yang baru di 2018 mendatang.Event tersebut adalah Bintan International Marathon yang diperkasai oleh tiga negara yaitu China, Singapura dan Indonesia.

Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pelaksanaan event olahraga baru itu telah ditandatangani oleh ketiga belah pihak, Sabtu (21/10/2017) malam. Berlokasi di Halaman Warung Yeah, Lagoi Bay, Bintan, Kepulauan Riau.

Penandatanganan MoU dilakukan bersama, Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab, Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, Luki Zaiman Prawira, Orangeroom Patnership dari Singapura, Elvin Ting serta Patnership dari China, Liu Yang dan Wang Dong Dong.

Kepala Dispar Bintan, Luki Zaiman mengatakan PT Medianusa Permana yang merupakan Event Organizer (EO) dari China dan Singapura telah resmi bekerjasama dengan PT BRC untuk menggelar event Bintan International Marathon ini.

“Event ini akan dimulai pada 2018 mendatang. Event ini akan menjadi ajang debut olahraga lari satu-satunya di Indonesia yang dilaksanakan di Bintan,” ujar Luki kepada Batamnews.co.id, Senin (23/10/2017).

Dengan dijadikannya, Lagoi Bintan sebagai tuan rumah penyelenggaraan event olahraga baru bertaraf internasional ini. Diprediksi serapan kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal bisa mencapai 20 ribu lebih dalam sehari itu saja.

Bahkan perputaran uang bisa mencapai puluhan miliar rupiah. Sebab mereka tidak hanya menginap di Lagoi saja melainkan dibeberapa resort lainnya yang berada di Wilayah Pantai Trikora.

“Pastinya mereka juga berbelanja. Jadi perputaran ekonomi akan melonjak tinggi. Begitu juga dengan kontribusi ke PAD Bintan akan berimbas tinggi,” katanya.

Sementara itu, GGM PT BRC, Abdul Wahab mengatakan event Bintan Internasional Marathon ini direncanakan akan digelar pada Juli 2018 mendatang. Sedangkan lokasinya akan dipusatkan di Kawasan Pariwisata Lagoi.

“Lomba lari marathon ini akan menelan waktu sekitar 8 jam. Jadi untuk perdananya, kita pusatkan lokasinya di Lagoi saja tidak keluar dari kawasan ini,” jelasnya.

Event olahraga lari marathon internasional ini akan mengusung konsep yang berbeda dari event lainnya yang pernah digelar di Lagoi. Konsepnya adalah Tourism Camp and Sport yaitu para peserta yang mengikuti bisa mengajak sanak keluarganya untuk berolahraga serta menikmati indahnya alam dan fasilitas di Lagoi.

Maka dari itu, lokasi perlombaan hanya digelar disekitaran kawasan pariwisata ini saja. Rutenya mulai dari Areal Lagoi Bay, Ria Bintan, Bintan Lagoon, Pujasera Lagoi, Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Nirwana Gardens Resort, Banyan Tree dan balik ke Lagoi Bay.

“Tujuannya lari di lingkungan resort ini supaya para peserta bisa melihat langsung keindahan resort – resort di Lagoi dan melihat fasilitas di masing-masing resort,” tutupnya. http://batamnews.co.id

418 total views, 25 views today

Comments are closed.